MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BONDOWOSO

Azizah, Kaviyatun (2023) MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK PADA PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI (KAVIYATUN AZIZAH-T20193009) MPI C1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kaviyatun Azizah, 2023: Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso
Kata Kunci : Manajemen Pelayanan Publik, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso.
Manajemen pelayanan publik merupakan upaya penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh penyelenggara pelayanan publik khususnya madrasah meliputi pemenuhan pelayanan atas barang, jasa dan/atau pelayanan administratif yang diinginkan oleh masyarakat dengan berpedoman pelaksanaannya pada peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Perencanaan Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso? 2) Bagaimana Pengorganisasian Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso? 3) Bagaimana Kepemimpinan Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso? 4) Bagaimana Pengendalian Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu di MTsN 2 Bondowoso?.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Subyek diambil menggunakan teknik purposive diantaranya kepala madrasah, kepala TU, petugas PTSP, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis data model Miles, Huberman, dan Saldana melalui langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan/verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik.
Penelitian ini menghasilkan fakta-fakta sebagai berikut : 1) Perencanaan Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilakukan dengan diturunkannya Surat Keputusan kepala madrasah dan dibuatnya SOP (Standar Operasional Prosedur) oleh kepala TU. 2) Pengorganisasian Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dimulai dengan kepala madrasah menentukan tugas dan yang bertugas di PTSP. Prosedur pelaporan hasil kerja dilakukan dari pihak petugas PTSP kemudian yang tertinggi kepada kepala madrasah selaku pengarah. 3) Kepemimpinan Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilakukan dengan memberikan motivasi dan pengarahan terhadap bawahan yang dilakukan secara langsung atau dalam waktu rapat. Melakukan komunikasi langsung atau face to face setiap harinya untuk membangun ikatan emosional yang baik antara pimpinan dengan bawahan. Terakhir dalam memecahkan konflik pimpinan PTSP melakukan dengan musyawarah mufakat di dalam rapat evaluasi. 4) Pengendalian Manajemen Pelayanan Publik pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu dilakukan dengan adanya pemantauan kegiatan serta pengoreksian penyimpangan yang dilakukan secara langsung oleh kepala TU terhadap kinerja petugas PTSP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Kaviyatun Azizah
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:41
Last Modified: 07 Jul 2023 03:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25488

Actions (login required)

View Item View Item