Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kemajuan Teknologi dan Kebijakan Modal Minimal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember)

Kriesmawati, Yeni (0027) Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kemajuan Teknologi dan Kebijakan Modal Minimal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YENI KRIESMAWATI_E20192253.pdf

Download (4MB)

Abstract

Yeni Kriesmawati, 2023: Pengaruh Pengetahuan Investasi, Kemajuan Teknologi dan Kebijakan Modal Minimal Terhadap Minat Investasi Mahasiswa di Pasar Modal Syariah (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN KHAS Jember).

Kata kunci: pengetahuan investasi, kemajuan teknologi, kebijakan modal minimal, minat investasi

Peran investasi sangat penting dalam pembangunan ekonomi, tidak saja dalam konteks makro, juga dalam konteks mikro. Kegiatan investasi bertujuan untuk memperoleh keuntungan dan kebutuhan di masa mendatang, menuntut siapa saja untuk mulai memikirkan dan mempersiapkannya sejak sekarang.
Rumusan masalah dalam skripsi ini: 1) Apakah pengetahuan investasi berpengaruh secara parsial terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah? 2) Apakah kemajuan teknologi berpengaruh secara parsial terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah? 3) Apakah kebijakan modal minimal berpengaruh secara parsial terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah? 4) Apakah pengetahuan investasi, kemajuan teknologi dan kebijakan modal minimal berpengaruh secara simultan terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah?.
Tujuan penelitian ini: 1) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi secara parsial terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah. 2) Untuk mengetahui pengaruh kemajuan teknologi secara parsial terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah. 3) Untuk mengetahui pengaruh kebijakan modal minimal secara parsial terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah. 4) Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi, kemajuan teknologi, dan kebijakan modal minimal secara simultan terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah.
Metode dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif deskriptif. Sampel yang digunakan adalah mahasiswa FEBI UIN KHAS Jember berjumlah 100 responden dengan teknik purposive sampling. Adapun analisis data kuantitatif yang digunakan meliputi Uji Instrumen Penelitian, Uji Asumsi Klasik, Uji Regresi Linear Berganda, Uji Hipotesis dan Uji Koefisien Determinasi (R^2).
Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa: variabel pengetahuan investasi memiliki t hitung sebesar -1,232 < 1,984 atau 0,221 > 0,05, sehingga variabel pengetahuan investasi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat investasi mahasiswa. Variabel kemajuan teknologi memiliki t hitung sebesar 2,240 > 1,984 atau 0,027 < 0,05, sehingga variabel kemajuan teknologi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi. Variabel kebijakan modal minimal memiliki t hitung sebesar 2,355 > 1,984 atau 0,021 < 0,05, sehingga variabel kebijakan modal minimal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat investasi. Hasil uji f memiliki f hitung sebesar 7,635 > 2,70. Pengetahuan investasi, kebijakan modal minimal, dan kemajuan teknologi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Yeni Kriesmawati
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:43
Last Modified: 07 Jul 2023 06:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25496

Actions (login required)

View Item View Item