EKSISTENSI PASAR LEKOK BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN DI DESA JATIREJO TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PASCA RELOKASI PASAR LEKOK (STUDI KASUS RELOKASI PASAR LEKOK, KABUPATEN PASURUAN)

Muhammad, Nafisah (2023) EKSISTENSI PASAR LEKOK BERDASARKAN PERILAKU KONSUMEN DI DESA JATIREJO TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PASCA RELOKASI PASAR LEKOK (STUDI KASUS RELOKASI PASAR LEKOK, KABUPATEN PASURUAN). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
NAFISAH_E20182016-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Nafisah, 2023: Eksistensi Pasar Lekok Berdasarkan Perilaku Konsumen Di Desa Jatirejo Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pasca Relokasi Pasar Lekok (Studi Kasus Relokasi Pasar Lekok, Kabupaten Pasuruan).
Eksistensi merupakan keberadaan yang mempunyai unsur bertahan yang diakui pihak lain. Keberadaan pasar lekok sangat penting bagi perekonomian masyarakat lekok karena letaknya yang strategis, harganya murah, kualitas barang bagus dan mayoritas konsumen bertransaksi di pasar lekok. Relokasi pasar lekok dilakukan karena ada pengerjaan proyek pengaspalan jalan dari titik nol Tempat pelelangan ikan (TPI Lekok) sampai pertigaan desa pasinan, pasar lekok direlokasi di dua tempat yakni pasar monas pasinan dan pasar muara jati jatirejo.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Eksistensi Pasar Lekok Bagi Konsumen di Desa Jatirejo Pasca Terjadi Relokasi Pasar Lekok ? 2) Bagaimana Perilaku Konsumen di Desa Jatirejo Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Pasca Relokasi Pasar Lekok ?
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menggambarkan Eksistensi pasar lekok bagi konsumen di desa jatirejo pasca terjadi relokasi pasar lekok dan perilaku konsumen di desa jatirejo terhadap pengambilan keputusan pembelian pasca relokasi pasar lekok.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan jenis penelitian bersifat deskriptif. Sumber data dalam penelitian adalah kepala kecamatan, pengelola pasar dan konsumen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi partisipasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data lapangan model Miles dan Humberman yang terdiri dari : Kondensasi data, Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan.
Adapun Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah : 1) Keberadan pasar lekok sangat penting bagi konsumen untuk pemenuhan kebutuhan primer, karena pasar lekok yang lokasi letaknya strategis, kualitas barang bagus terutama Ikan yang langsung dari laut atau tambak, bisa ditempuh dengan jalan kaki, dan harganya yang terjangkau bagi konsumen. 2) Mayoritas konsumen di desa jatirejo mengambil keputusan pembelian melihat dari segi Kualitas barang yang bagus terutama ikan dan sayur-mayur yang segar dan harga barang yang murah.
Kata Kunci : Eksistensi, Pasar Lekok, Relokasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Depositing User: Miss Nafisah Muhammad
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:47
Last Modified: 07 Jul 2023 03:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25501

Actions (login required)

View Item View Item