HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SOSIAL SISWA REGULER DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN (TPA) JEMBER

Aliyah, Siti (2023) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SOSIAL SISWA REGULER DENGAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK INKLUSI TAMAN PENDIDIKAN DAN ASUHAN (TPA) JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI ALIYAH FITRIYAH_D20195036.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Aliyah Fitriyah, 2023: Hubungan Antara Persepsi Sosial Siswa Reguler Dengan Interaksi Sosial Pada Siswa Berkebutuhan Khusus Di Smk Inklusi Taman Pendidikan Dan Asuhan (Tpa) Jember.

Kata kunci: Persepsi Sosial, Interaksi Sosial, Siswa reguler, Siswa berkebutuhan khusus.

Sekolah Inklusi merupakan satuan sekolah yang menggabungkan antara siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus, dimana di sekolah inklusi juga diperlukan kerjasama antara siswa reguler dengan siswa berkebutuhan khusus. Siswa berkebutuhan khusus diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan dirinya dan berlatih untuk bersosialisasi secara normal dengan teman sebayanya. Sedangkan siswa reguler diharapkan dapat belajar untuk saling memahami, menghargai dan menerima perbedaan yang ada kemudian selanjutnya mampu beradaptasi dalam mengatasi perbedaan tersebut. Sehingga perlu adanya pembentukan persepsi sosial yang baik dari siswa reguler pada siswa berkebutuhan khusus, agar interaksi sosialnya mereka terjalin baik dan tidak menganggu kegiatan belajar di sekolah.
Rumusan masalah pada penelitian ini yakni apakah terdapat hubungan antara persepsi sosial siswa reguler dengan interaksi sosial pada siswa berkebutuhan khusus di SMK Inklusi TPA Jember. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat ada tidaknya hubungan antara persepsi sosial siswa reguler dengan interaksi sosial pada siswa berkebutuhan khusus di SMK Inklusi TPA Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah sampel dan populasi yang sama yaitu 48 siswa reguler. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau kuisioner dengan teknik analisis data menggunakan product moment pearson dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah hasil penelitian menunjukkan nilai pearson correlation sebesar 0.021 (rhitung > rtabel – 0.021 > 0.285) dan sig. 0.000 > 0.05 dengan nilai pearson correlation berada pada kategori rendah dengan hubungan positif yang signifikan antara persepsi sosial siswa reguler dengan interaksi sosial pada siswa berkebutuhan khusus di SMK Inklusi TPA Jember. Hasil perhitungan dengan SPSS tersebut diperkuat dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti, dimana memang tidak semua siswa reguler menolak untuk berteman dengan siswa berkebutuhan khusus, sebagian lainnya ada yang menerima keberadaan mereka. Sebagian lain ada yang memang menolak untuk berteman dengan siswa berkebutuhan khusus, sehingga hubungan antara persepsi sosial siswa reguler dengan interaksi sosial pada siswa berkebutuhan khusus dapat dinyatakan rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Depositing User: siti aliyah fitriyah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:02
Last Modified: 07 Jul 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25506

Actions (login required)

View Item View Item