Pengaruh Strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji

Ovi, Wulandari (2023) Pengaruh Strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI OVI WULANDARI.pdf

Download (23MB)

Abstract

ABSTRAK
Ovi Wulandari, 2023: Pengaruh Strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji.
Kata kunci: Strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing), Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam.
Salah satu cara tercapainya tujuan pembelajaran ditentukan dan dipengaruhi oleh strategi pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran di kelas. Penerapan strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) dan media dadu pintar dapat membantu guru untuk mengubah cara belajar siswa dan menstimulus siswa agar lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran, sehingga hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Adakah perbedaan yang signifikan strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji. 2) Adakah pengaruh yang signifikan strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji. 2) untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperimen desain Pretest Posttest Nonequivalent Control Group. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, instrument perlakuan, dan instrument pengukuran. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji N-Gain score, uji independent sample t-test, uji linearitas, dan uji regresi sederhana.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Hasil uji N-Gain score diperoleh nilai (mean) sebesar 67% artinya penggunaan strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) tergolong cukup efektif. 2) Hasil uji independent sample t-test diperoleh nilai (sig2-tailed) 0,000 artinya Ha 1 diterima dan Ho 1 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji. 3) Hasil uji linearitas diperoleh nilai (sig) 0,175 artinya ada hubungan linear secara signifikan antara strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) dengan hasil belajar siswa. 4) Hasil uji regresi sederhana diperoleh nilai (sig) 0,016 artinya Ha 2 diterima dan Ho 2 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan strategi AKS Plus (Active Knowledge Sharing) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rambipuji.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ovi Wulandari Ovi Wulandari
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:28
Last Modified: 07 Jul 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25512

Actions (login required)

View Item View Item