Pengembangan media belajar pendidikan agama islam melalui kotak belajar di smp negeri 30 sidayu gresik

Fathma, Auliyah (2023) Pengembangan media belajar pendidikan agama islam melalui kotak belajar di smp negeri 30 sidayu gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam kiai haji achmad shiddiq jember.

[img] Text
SKRIPSI FATMA 27 JUNI.pdf

Download (25MB)

Abstract

Fathma Auliyah, 2023 : Pengembangan Media Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Kotak Belajar Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SMP Negeri 30 Sidayu
Kata kunci : Media Kotak Belajar Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat siswa SMP Negeri 30 Sidayu
Tercapainya suatu tujuan pembelajaran dapat ditentukan dan dipengaruhi oleh penentuan media pembelajaran yang digunakan oleh guru saat proses pembelajaran di kelas. Namun pada realitanya guru adakalanya menghadapi problem berkaitan dengan menurunnya ketertarikan peserta didik dalam pembelajaran di kelas. Demikian yang terjadi di Kelas VIII SMP Negeri 30 Sidayu Gresik. Hasil diskusi dengan guru mata pelajaran mendorong perlunya mengembangkan sebuah media pembelajaran baru yang dapat menarik perhatian peserta didik. Oleh karena itulah peneliti berinisiatif merancang sebuah media yang dinamakan Kotak Belajar. Penggunaan Media Kotak Belajar merupakan salah satu cara yang dapat membantu guru untuk membangkitkan suasana belajar siswa di kelas dan menstimulus siswa agar lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Dengan demikian akan timbul semangat dan minat belajar yang lebih tinggi.
Rumusan masalah berkaitan dengan fokus perhatian yang akan diteliti dalam penelitian ini. Mengacu pada latar belakang yang sudah dipaparkan, maka rumusan masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana mengembangkan media kotak belajar dalam pembelejaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 30 Sidayu Gresik? 2) Bagaimana mengetahui kevalidan media kotak belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 30 Sidayu Gresik? 3) Bagaimana mengetahui respon siswa terhadap media kotak belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 30 Sidayu Gresik?
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan media kotak belajar dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 30 Sidayu Gresik 2) mengetahui bagaimana kevalidan media kotak belajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 30 Sidayu Gresik 3) mengetahui respon siswa terhadap media kotak belajar dalam mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 30 Sidayu Gresik
Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah mix-method, dan menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur yang digunakan ialah model ADDIE, yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik pengambilan data antara lain angket, observasi, dan wawancara.
Menurut hasil penelitian dan pengembangan ini memperoleh prosentase dari ahli di antaranya: ahli materi 90.00%, ahli media 86.00% ahli bahan ajar (guru kelas) 88.00%. maka disimpulkan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil uji coba kelompok kecil 15 siswa, mendapat prosentase 56.25% pada 26 setelah penggunaan media kotak belajar uji kelompok terbatas 70.66%. Sehingga dapat disimpulkan dalam ketertarikan minat belajar siswa terhadap metode pembelajaran menggunakan media kotak belajar meningkatkan minat belajar siswa dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Fatma Auliya Fathma auliyah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:30
Last Modified: 07 Jul 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25513

Actions (login required)

View Item View Item