Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Religiusitas dan Cashback terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember

SYARIFAH DAMAYANTI, NURLAILI (2023) Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme Religiusitas dan Cashback terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SIDANG REVISI NURLAILI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nurlaili Syarifah Damayanti, Rini Puji Astuti, S.Kom., M.Si.,2023: ”Pengaruh Gaya Hidup Hedonisme, Religiusitas dan Cashback Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna E-Commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa S1 Universitas Islam Negeri KH Achmad Siddiq Jember)”.

Kata Kunci: Gaya Hidup Hedonisme, Religiusitas, Cashback, Perilaku konsumtif

Saat ini e-commerce telah menjadi sebuah trend belanja online di kalangan masyarakat termasuk kalangan mahasiswa. Berbelanja online dianggap dapat mempermudah konsumen. Kecenderungan mahasiswa pengguna e-commerce shopee bergaya hidup hedonis dipengaruhi oleh interaksi dan pengakuan diri dari teman sebaya yang akhirnya membuat mahasiswa dituntut untuk mengikuti gaya hidup masa kini yang akhirnya mendorong mahasiswa cenderung berperilaku konsumtif dalam berbelanja. Kemudahan dan kebermanfaatan yang ditawarkan oleh e-commerce shopee mengakibatkan terjadinya perilaku konsumtif yang dapat mengandung unsur-unsur kemudharatan yakni israf atau berlebihan yang dilarang dalam agama Islam.
Berdasarkan uraian latar belakang adapun rumusan masalah yaitu apakah Gaya Hidup Hedonisme(X1), Religiusitas(X2), dan Cashback (X3), berpengaruh terhadap Perilaku Konsumtif(Y). Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis secara parsial pengaruh variabel-variabel penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah mahasiswa S1 UIN KHAS Jember berjumlah 105 responden menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun analisis data kuantitatif yang digunakan meliputi Uji Instrumen Penelitian (Uji Validitas, dan Uji Reabilitas), Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas), Uji Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi R2, dan Uji Hipotesis (Uji T).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Gaya Hidup Hedonisme memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee artinya semakin tinggi tingkat gaya hidup hedonisme semakin tinggi pula tingkat perilaku konsuntif. 2)Religiusitas memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee artinya semakin tinggi tingkat religiusitas sesorang maka semakin rendah perilaku konsumtif . 3)Cashback memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce Shopee artinya semakin tinggi penggunaan cashback semakin tinggi pula tingkat perilaku konsumtif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nurlaili Syd
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:41
Last Modified: 07 Jul 2023 06:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25517

Actions (login required)

View Item View Item