Proses Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Kelas VII SMPS Islam Garden School Mumbulsari Jember

Bela, Sinta (2023) Proses Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Kelas VII SMPS Islam Garden School Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Uwu REVISI 3x (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan seseorang mengemukakan ide-ide matematis kepada orang
lain dengan cara lisan maupun tulisan disebut dengan kemampuan komunikasi
matematis. Melalui kemampuan komunikasi matematis, seseorang akan dapat
meningkatkan pemahaman konseptual matematisnya. Seringkali siswa kurang
mampu berkomunikasi dengan baik, seakan-akan sesuatu yang mereka pikirkan
hanya untuk dirinya sendiri. Proses komunikasi matematis siswa sangat penting
untuk diketahui karena dapat membantu guru untuk memahami kemampuan siswa
dalam menginterpretasikan dan mengekspresikan pemahamannya tentang konsep
dan proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses komunikasi matematis siswa
dalam menyelesaikan soal cerita aljabar Kelas VII SMPS Islam Garden School
Mumbulsari Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses
komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar Kelas VII
SMPS Islam Garden School Mumbulsari Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara dan dokumentasi.
Pemilihan subyek berdasarkan metode purposive sampling menggunakan 5 siswa
dengan proses penyelesaian masalah yang berbeda yaitu 2 subyek dengan
penyelesaian masalah Solusi 1, 2 subyek dengan penyelesaian masalah Solusi 2, 1
subyek dengan penyelesaian masalah Solusi 3. Analisis data pada penelitian ini
yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data
pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode.
Komunikasi matematis dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga aspek
yaitu komunikasi logis, komunikasi simbolik dan komunikasi verbal. Penelitian
ini memperoleh kesimpulan: Proses komunikasi matematis siswa dalam
menyelesaikan masalah berbeda-beda. Pada S1 dan S2 lebih banyak menunjukkan
komunikasi logis, kemudian komunikasi verbal dan komunikasi simbolik. pada S3
dan S4 lebih banyak menunjukkan komunikasi Simbolik, kemudian komunikasi
logis dan komunikasi verbal. Pada S5 lebih banyak menunjukkan komunikasi
verbal, kemudian komunikasi logis dan komunikasi simbolik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: PROSES KOM Sinta Bela
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:07
Last Modified: 11 Jul 2023 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25526

Actions (login required)

View Item View Item