Konten Kreatif Youtube Sebagai Sumber Penghasilan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Kampung Youtubers, Desa Tapen, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso)

Sasifiyah, Naili (2023) Konten Kreatif Youtube Sebagai Sumber Penghasilan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Kampung Youtubers, Desa Tapen, Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naili Sasifiyah_E20192339.pdf

Download (2MB)

Abstract

Naili Sasifiyah, Dr. H. Fauzan, S.Pd., M.Si, 2023: Konten Kreatif Youtube Sebagai Sumber Penghasilan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus di Kampung Youtubers Bondowoso)

Terbukti, digitalisasi ekonomi membawa berbagai perubahan, setidaknya digital ekonomi menawarkan keuntungan efisiensi, efektivitas, pengurangan biaya produksi, kolaborasi, konektivitas satu pihak dengan pihak lain. Oleh karena itu, peralihan digital cocok dijadikan sebagai solusi alternatif untuk mencapai pertumbuhan ekonomi baru.
Fokus masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimana konten kreatif Youtube bisa menjadi sumber penghasilan?. 2) Bagaimana pandangan ekonomi islam terkait konten kreatif Youtube sebagai sumber penghasilan?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana konten kreatif Youtube dapat menjadi sumber penghasilan. 2) Untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi islam terkait konten kreatif Youtube sebagai sumber penghasilan.
Proses identifikasi masalah tersebut, dilakukan dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi dan dokumentasi
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Konten kreatif youtube dapat menjadi sumber penghasilan melalu du acara yaitu, aktif income dan pasif income. Aktif income diperoleh dari hasil endorse atau promosi, sedangkan pasif income diperoleh dari hasil monetisasi video atau kerja sama antara google adsense dan youtube dengan beberapa syarat dan kriteria yang berlaku. 2) Dalam pandangan ekonomi islam konten kreatif youtube sebagai sumber penghasilan bisa menjadi hal yang positif juga negatif tergantung dari isi konten dan langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh youtuber untuk memperoleh penghasilan tersebut, konten berpedoman kepada prinsip-prinsip ekonomi islam.
Kata Kunci: konten kreatif, sumber penghasilan, ekonomi islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Naili Sasifiyah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:48
Last Modified: 07 Jul 2023 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25527

Actions (login required)

View Item View Item