Peran Keluarga dan Lingkungan Sosial dalam Membentuk Self Confidence pada Penyandang Disabilitas di Kabupaten Jember (Studi pada Keluarga Bapak Wimbo Handoko dan Bapak Moh. Haerun)

Husna, Wardatul Haizatil (2023) Peran Keluarga dan Lingkungan Sosial dalam Membentuk Self Confidence pada Penyandang Disabilitas di Kabupaten Jember (Studi pada Keluarga Bapak Wimbo Handoko dan Bapak Moh. Haerun). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wardatul Haizatil Husna_D20193064.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penyandang disabilitas cenderung merasa khawatir, cemas, takut, malu dan memiliki perasaan rendah diri ketika bergabung dengan lingkungan sosial yang cakupannya lebih luas atau baru. Oleh karena itu, penyandang disabilitas membutuhkan peran keluarga dan lingkungan sosial dalam membentuk self confidence agar memiliki keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri sehingga dapat melakukan semua kegiatan sesuai dengan keinginan, mampu bertanggung jawab dan berani berinteraksi dengan orang lain serta menyadari akan kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) bagaimana peran keluarga bapak Wimbo Handoko dan Bapak Moh. Haerun dalam membentuk self confidence pada penyandang disabilitas? 2) Bagaimana peran lingkungan sosial dalam membentuk self confidence pada penyandang disabilitas keluarga bapak wimbo Handoko dan bapak Moh. Haerun?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran keluarga bapak Wimbo Handoko dan bapak Moh. Haerun dalam membentuk self confidence pada penyandang disabilitas. 2) Untuk mengetahui peran lingkungan sosial dalam membentuk self confidence pada penyandang disabilitas keluarga bapak Wimbo Handoko dan bapak Moh. Haerun.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik studi kasus. Teknik wawancara menggunakan wawancara semi-struktur, observasi partisipatif moderat, dan dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi data. sedangkan, keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Peran keluarga bapak Wimbo Handoko dan bapak Moh. Haerun dalam membentuk self confidence pada penyandang disabilitas adalah dengan menerapkan pola pendidikan yang dibutuhkan penyandang disabilitas dan mendukung penuh terhadap perkembangannya. 2) Peran lingkungan sosial dalam membentuk self confidence pada penyandang disabilitas keluarga bapak Wimbo Handoko dan bapak Moh. Haerun yaitu pertama, guru menerapkan model pembelajaran sesuai dengan kebutuhan penyandang disabilitas, memberikan kesempatan dan tanggung jawab untuk mengembangkan potensinya. Kedua, masyarakat memberikan kesempatan kepada penyandang disabilitas untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Mrs Wardatul Haizatil Husna
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:54
Last Modified: 07 Jul 2023 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25529

Actions (login required)

View Item View Item