Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pas Jaya Sejahtera Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan

Makinah, Sundusiah (2023) Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Pas Jaya Sejahtera Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
sundusiah makinah matermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Sundusiah Makinah, Dr. Siti Masrohatin S,E,. M.M. (2023): “Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pas Jaya Sejahtera Untuk Meningkatkan Perekonomian Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan”.
Analisis pengelolaan BUMDes merupakan sebagai rangkaian pekerjaan atau usaha yang dilakukan oleh kelompok orang untuk melakukan serangkaian kerja dalam mencapai tujuan tertentu. BUMDes merupakan lembaga usaha yang dikelola oleh pemerintah desa bersama masyarakat desa memiliki tujuan untuk memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa, BUMDes berada dalam kepemilikan pemerintah desa, digunakan untuk kemakmuran masyarakat desa. Baik pendirian, permodalan, pelaksanaan, keuntungan yang diperoleh itu di bawah naungan desa.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana Analisis Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pas Jaya Sejahtera untuk meningkatkan perekonomian Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan?
Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk Mengetahui Dan Mendeskripsikan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pas Jaya Sejahtera untuk meningkatkan perekonomian Desa Pasinan Kecamatan Lekok Kabupaten Pasuruan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research menggunakan pendekatan deskriptif. Penetuan informan menggunakan teknik Purposive. Pengmpulan data dilakukan dengan teknik observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian adalah: 1). Perencanaan BUMDes Pas Jaya Sejahtera dalam perencanaan program BUMDes Pas Jaya Sejahtera 2). Pengorganisasian BUMDes Pas Jaya Sejahtera membentuk kepengurusan dan menyesusaikan dengan kepribadian untuk dipilih menjadi pengurus BUMDes Pas Jaya Sejahtera tujuannya agar semua program BUMDes Pas Jaya Sejahtera berjalan dengan baik 3). Pelaksanaan dalam mencapai sasaran yang sesuai perencanaan dalam pengelolaan BUMDes Pas Jaya Sejahtera pengelola telah mengarahkan dan mengawasi kerja anggota 4). Pengawasan dalam mengevaluasi hasil kerja pengelolaan program BUMDes Pas Jaya Sejahtera mengadakan evaluasi 1 Tahun 1 kali ditahap evaluasi BUMDes Pas Jaya Sejahtera. Cara meningkatkan prekonomian dengan berbagai program yang udah direncanakan oleh BUMDes Pas Jaya Sejahtera, Kemudian faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan pengelolaan BUMDes Pas Jaya Sejahtera yaitu sistem kerja sama hingga dukungan penuh oleh pemerintah desa.

Kata kunci: Pengelolaan BUMDes, Perekonomian Masyarakat Desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150105 Management Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sundusiah Makinah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:36
Last Modified: 07 Jul 2023 06:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25534

Actions (login required)

View Item View Item