IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DESA MUNDUREJO KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER

NISA, LUTFI (2023) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK PASCA PEMEKARAN DESA MUNDUREJO KECAMATAN UMBULSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LUTFI AINUN NISA_S20183106.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Pemekaran Wilayah, Implementasi Peraturan Perundang–Undangan.
Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik menyebutkan bahwa pelayanan publik merupakan kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai dengan peraturan perundang–undangan bagi setiap masyarakat. Dalam Pasal 15 Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2009 menjelaskan bahwa penyelenggara pelayanan publik harus memberikan pelayanan yang berkualitas sesuai dengan asas penyelenggaraan pelayanan publik. Namun karena luas daerah yang sangat besar dan ditambah dengan jumlah penduduk yang tinggi menyebabkan pelayanan publik menjadi kurang maksimal. Adapun Rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana Implementasi Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2009 di Desa Mundurejo ? ; (2) Apa Faktor Pendukung dan Penghambat Pelayanan Publik di Desa Mundurejo ?.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris. Kemudian peneliti menggunakan pendekatan deskripsi analisis. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif dilakukan dengan cara peneliti terjun ke lapangan, mempelajari, menganalisis, menafsirkan, dan menarik kesimpulan dari fenomena yang ditemukan dilapangan. Keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini yaitu:
1. Desa Mundurejo sudah menerapkan pelayanan publik sesuai dengan Undang–Undang Nomor 25 Tahun 2009. Pelayanan publik di Desa Mundurejo sudah mengalami perkembangan yang pesat, seperi dalam bidang pelayanan administrasi sudah tersedia komputer dan wifi, dalam bidan kesehatan terdapat Polindesa dan Ambulans Desa. Selain itu pembangunan juga berjalan seperti pembangunan jalan, sekolah, rumah peribadatan, dan jaringan air bersih.
2. Faktor pendukung dalam pelayanan publik di Desa Mundurejo antara lain: (1) kesadaran petugas; (2) aturan dalam pelaksanaan pelayanan publik; (3) organisasi dalam pelayanan publik; (4) kemampuan dan ketrampilan; serta (5) sarana dan prasarana. Disamping itu terdapat faktor penghambat pelayanan publik yaitu terdapat beberapa perangkat desa yang tidak bisa mengoperasikan komputer.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Ms Lutfi Ainun Nisa
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:15
Last Modified: 12 Jul 2023 02:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25537

Actions (login required)

View Item View Item