Analisis Sistem Informasi Akuntansi Catering pada Usaha Kue Mawar Jember

FAJRIYAH, IRDINA (2023) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Catering pada Usaha Kue Mawar Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAJRIYAH IRDINA_E20193024.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada kemajuan teknologi informasi yang begitu pesat di era globalisasi saat ini membawa dampak perubahan yang sangat signifikan dalam pengembangan dunia bisnis. Perekonomian semakin meningkat berpengaruh terhadap persaingan bisnis diseluruh dunia. Penerapan sistem informasi akuntansi disuatu perusahaan dapat memberikan nilai tambah bagi pengguna yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kinerja individu. Sistem informasi akuntansi berperan penting dalam perkembangan bisnis, khususnya dibidang bisnis catering yang membuat pengusaha-pengusaha lain juga ingin melakukan bisnis catering ini.
Fokus penelitian pada penilian ini adalah: 1) Bagaimana Penggunaan sistem informasi akuntansi yang dilakukan Pada Usaha kue Mawar?. 2) Bagaimana Dampak Penggunaan sistem informasi akuntansi Pada Usaha Kue Mawar?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengidentifikasi sistem informasi akuntansi yang dilakukan pada usaha Kue Mawar. 2) Untuk mengetahui dampak penggunaan sistem informasi akuntansi pada usaha Kue Mawar.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian menggunakan purposive, adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam keabsahan data menggunakan data triangulasi.
Penelitian ini dapat disimpulkan yaitu: 1) Penggunaan sistem informasi akuntansi pada usaha kue Mawar yaitu menggunakan sistem informasi akuntansi manual. Dan pembukuannya dilakukan setelah 1 bulan. 2) Dampak penggunaan sistem informasi akuntansi pada usaha kue Mawar yaitu dampak positif dan negatif. Dampak positif adalah pencatatan keuangan bisa dialihkan ke karyawan yang lain atau diwaktu luang. Sedangkan dampak negatifnya sering kali terjadi kesalahan pencatatan keuangan penjualan atau pembelian dan pesanan.
Kata Kunci: Sistem Informasi, Akuntansi, Catering.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Fajriyah Irdina
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:55
Last Modified: 10 Jul 2023 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25547

Actions (login required)

View Item View Item