Implementasi Incentive Compatible Constraints Pada Pembiayaan Mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember

Restu Athiko, Duwi (2023) Implementasi Incentive Compatible Constraints Pada Pembiayaan Mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
DUWI RESTU ATHIKO (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Duwi Restu Athiko, Rini Puji Astuti, S.Kom., M.Si, 2023:“Implementasi Incentive Compatible Constraints Pada Pembiayaan Mudaharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember”

Kata kunci: Incentive Compatible Constraints, Mudaharabah

Pembiayaan mudharabah yang dijalankan oleh KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember merupakan suatu bentuk kerjasama yang mengandung risiko tinggi hal inilah yang memicu terjadinya konflik antara shahibul maal dan mudharib. Untuk menanggulangi risiko tersebut KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember dapat meminimalisir dengan cara menetapkan syarat atau batasan khusus ketika menyalurkan pembiayaan kepada mudharib atau dikenal sebagai Incentive Compatible Constraints.
Fokus pada penelitian ini yaitu (1) Bagaimana mekanisme pembiayaan mudharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember? (2) Bagaimana Implementasi Incentive Compatible Constraints Pada Pembiayaan Mudaharabah di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Kalisat Jember?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data yaitu pengumpulan data, redukasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah bahwasanya (1) mekanisme pembiayaan mudharabah di BMT NU Cabang Kalisat terdapat 7 mekanisme pembiayaan yaitu mengajukan pembiayaan kekantor BMT, wawancara dengan calon mitra, analisis berkas pembiayaan, peninjauan lokasi usaha, analisis kelayakan pembiayaan meliputi kepribadian mitra, kemampuan mitra, modal, dan jaminan, berkas diajukan kepada komite pembiayaan, dan proses pencairan pembiayaan. (2) Implementasi Incentive Compatible Constraints Pada Pembiayaan Mudaharabah di BMT NU Cabang Kalisat ada 4 aspek yaitu Adanya barang jaminan, Memberi arahan agar melakukan usaha yang risikonya rendah, Menerapkan agar melakukan usaha yang transparan, dan Monitoring.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms. DUWI RESTU ATHIKO
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:30
Last Modified: 10 Jul 2023 04:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25548

Actions (login required)

View Item View Item