Penguatan Karakter Religius Melalui Kegiatan Bina Pribadi Islami di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember.

Syahda Nadiyah, Anugrah (2023) Penguatan Karakter Religius Melalui Kegiatan Bina Pribadi Islami di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Al-Ghozali Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Acmad Siddiq.

[img] Text
NEW COVER OKE.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kata Kunci: Karakter Religius, Bina Pribadi Islami.

Pendidikan karakter religius merupakan usaha untuk membentuk sikap dan perilaku yang sesuai dan tepat dalam menjalankan ajaran agama yang dianutnya. Sebagai lembaga pendidikan berbasis Islam, SMPIT Al-Ghozali Jember mengadakan kegiatan Bina Pribadi Islami yang berguna sebagai pembinaan dan penguatan karakter peserta didik. Hal ini dilaksanakan karena melihat fenomena yang terjadi di kalangan anak bangsa yang semakin merosot akhlaknya. Dari sini muncul kegiatan Bina Pribadi Islami untuk membina dan menguatkan karakter peserta didik, khususnya karakter religius yang fokus pada nilai ibadah dan nilai akhlak.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: 1) Bagaimana penguatan nilai ibadah melalui kegiatan Bina Pribadi Islami di SMPIT Al-Ghozali Jember? 2) Bagaimana penguatan nilai akhlak melalui kegiatan Bina Pribadi Islami di SMPIT Al-Ghozali Jember?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Umtuk mengetahui penguatan nilai ibadah melalui kegiatan Bina Pribadi Islami di SMPIT Al-Ghozali Jember 2) Untuk mengetahui penguatan nilai akhlak melalui kegiatan Bina Pribadi Islami di SMPIT Al-Ghozali Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Sementara itu, penentuan subyek menggunakan secara purposive, dan teknik mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model Milles, Huberman dan Saldana. Adapun langkah-langkahnya yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Penguatan nilai ibadah melalui kegiatan Bina Pribadi Islami di SMPIT Al-Ghozali Jember yaitu: (a) shalat dengan khusyu’; (b) beribadah dengan tidak menyalahkan yang berbeda, (c) Qiyamul lail, bangun di malam hari untuk shalat tahajud, (d) tilawah Quran, dan berdzikir; (e) puasa sunnah. 2) Penguatan nilai akhlak melalui kegiatan Bina Pribadi Islami di SMPIT Al-Ghozali Jember yaitu (a) menjaga interaksi antar warga sekolah, (b) komitmen menjaga peraturan atau adab sekolah, (c) mempraktikkan 5 S (salam, senyum, sopan, santun,sapa) dengan ini peserta didik diharapkan jauh dari perselisihan; (d) pembiasaan bersikap, seperti cara berjalan di depan guru, cara berjalan saat di musholla, cara berperilaku saat di ruang guru, cara berbicara dengan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Syahda Nadiyah Anugrah
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:12
Last Modified: 11 Jul 2023 04:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25553

Actions (login required)

View Item View Item