Rohmah, Asma Umi (2023) Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Kolaboratif Siswa Kelas IX Di SMPN Tanggul Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Asna Umi Rohmah T20191076 Watermark.pdf Download (3MB) |
Abstract
Asna Umi Rohmah, 2023: “Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembelajaran Kolaboratif Siswa Kelas IX Di SMPN 4 Tanggul”.
Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Dan Profesional, Guru Pendidikan Agama Islam, Pembelajaran Kolaboratif
Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam merupakan suatu kecakapan yang dimiliki Guru sesuai bidang keahliannya masing-masing. Bahwasanya Guru
Pendidikan Agama Islam ketika mengajar tidak monoton tetapi juga menggunakan metode yang bervariatif. Pembelajaran kolaboratif di SMPN 4 Tanggul tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja, melainkan juga di luar yang bisa memberikan teladan Guru bagi siswa, sehingga oleh siswa dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. SMPN 4 Tanggul terletak di Tanggul Jember.
Fokus penelitian yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran kolaboratif siswa kelas IX di SMPN 4 Tanggul? 2) Bagaimana
kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran kolaboratif siswa kelas IX di SMPN 4 Tanggul?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran kolaboratif siswa kelas IX di SMPN 4 Tanggul 2) Untuk mendeskripsikan kompetensi profesional guru pendidikan agama islam dalam pembelajaran kolaboratif siswa kelas IX di SMPN 4 Tanggul.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi,
2) Wawancara dan 3) Dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian menurut Miles dan Huberman yaitu: 1) Reduksi data, 2) Penyajian data
dan 3) Penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian menggunakan dua
jenis triangulasi, yaitu: 1) Triangulasi sumber dan 2) Triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Guru Pendidikan Agama Islam
memiliki kompetensi pedagogik baik karena mempunyai kemampuan memahami
karakter siswa, menyampaikan pelajaran tidak sekedar ceramah, melainkan ada
penggunaan metode bervariatif karena ada kegiatan tanya jawab, diskusi, praktek,
menggunakan proyektor. Pembelajaran kolaboratif terlaksana di SMPN 4
Tanggul, terdapat dua figur Guru Pendidikan Agama Islam yang mempunyai
model pembelajaran berbeda untuk menunjang kegiatan belajar mengajar sesuai
kurikulum 2013 dan pengembangan model pembelajaran sesuai silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pembelajaran kolaboratif dilakukan di
dalam kelas dan di luar kelas. 2) Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai
kompetensi profesional yang baik karena guru mampu menguasai pembelajaran
yang akan dibagikan siswa dengan baik, guru tidak hanya mengajar saja
melainkan juga dapat memberinya teladan yang baik dan mempunyai kepribadian
yang baik. Terkait keteladanan yang dilakukan yaitu ada kegiatan pembacaan
yasin di hari jum‟at, serta amal jariyah di hari jum‟at seikhlasnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Asma Umi Rohmah |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 08:14 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 08:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25558 |
Actions (login required)
View Item |