Pengaruh Variabel Ekonomi Makro Terhadap Perubahan Laba Operasionl Bank Umum Syariah Di Indonesia

Agustin, Adila (2023) Pengaruh Variabel Ekonomi Makro Terhadap Perubahan Laba Operasionl Bank Umum Syariah Di Indonesia. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_FIX-1[1].pdf

Download (4MB)

Abstract

Dunia perbankan di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan dari waktu ke waktu. Baik dalam bentuk bank konvensional maupun bank syariah. Persaingan yang ketat antar bank untuk mempertahankan nasabah dan meningkatkan kualitas hasil (Return On Asset) menuntut setiap bank harus mampu untuk terus berinovasi diberbagai bidang.
Penelitian ini menjawab pertanyaan apakah inflasi,BI Rate dan pendapatan nasional mempengaruhi secara parsial dan simultan terhadap perubahan hasil operasi Bank Umum syariah (Return On Asset). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah inflasi, BI Rate dan pendapatan nasional berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap perubahan hasil operasi (Return On Asset) bank umum syariah. Melalui penelitian di mungkinkan untuk memperluas pemahaman, pengetahuan dan refrensi untuk menulis artikel ilmiah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan sumber data sekunder berupa time series sebanyak 36 sampel. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi dan studi kepustakaan. Teknik analisis data dengan uji deskriptif, uji hipotesis, koefisien determinasi, uji F, uji t, analisis regresi linier berganda. Program komputer Eviews 10 digunakan untuk pengolahan data.
Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa adjusted R-squared adalah sebesar 0,457424 atau sama dengan 45,7 persen. Artinya, fluktuasi inflasi, variabel suku bunga BI dan pendapatan nasional mampu menjelaskan 45,7 persen variabel laba usaha, sedangkan sisanya 54,3 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Dalam beberapa hal, variabel inflasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan hasil operasi bank umum syariah. Nilai tukar BI Rate tidak berpengaruh secara parsial terhadap laba operasi Bank Umum Syariah. Pendapatan nasional berpengaruh signifikan terhadap perubahan laba operasi bank umum syariah. Pada saat yang sama, inflasi, suku bunga BI Rate dan pendapatan nasional berdampak signifikan terhadap perubahan laba operasional bank umum syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140212 Macroeconomics (incl. Monetary and Fiscal Theory)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: mrs adila tri agustin agustin
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:56
Last Modified: 07 Jul 2023 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25565

Actions (login required)

View Item View Item