PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DISKUSI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRONO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023Y

Pratama, Ramadhani yoga (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE DISKUSI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SRONO BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023Y. Undergraduate thesis, Pendidikan agama islam.

[img] Text
RAMADHANI YOGA PRATAMA_T20191302 2.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Metode Diskusi
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam perlu adanya inovasi pembelajaran agar pembelajaran lebih aktif. Salah satu hal yang dapat diwujudkan dalam pembelajaran PAI yang ditetapkan di SMP Negeri 1 Srono yakni metode diskusi yang merupakan metode belajar yang alternative memberikan jawaban dalam menyelesaiakan masalah serta menumbuhkan keakatifan dalam menyelesaiakan materi yang diajarkan.
Fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode diskusi kelas VIII SMP Negeri 1 Srono tahun pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode diskusi di kelas VIII SMP Negeri 1 Srono tahun pelajaran 2022/2023? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode diskusi di kelas VIII SMP Negeri 1 Srono tahun pelajaran 2022/2023?
Tujuan penelitian: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode pembelajaran diskusi kelas VIII SMPN 1 Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode diskusi kelas VIII SMPN 1 Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui metode diskusi SMPN 1 Srono Banyuwangi tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif serta tehnik pengumpulan data menggunakan : 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles, Huberman yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik serta triagulasi sumber dan triagulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Perencanaan meliputi lima aspek utama yaitu : a) Guru menentukan tujuan metode diskusi pembelajaran serta tujuan kompetensi, b) Guru menetapkan materi tentang puasa sunah dan wajib, c) guru memilih sumber belajar melalui buku dan media pembelajaran yaitu power point, d ) guru menetapkan metode diskusi, e) Guru menetapkan penilaian observasi dan tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. 2) Pelaksanaan pembelajaran yaitu : a) Guru membuka pelajaran yang diawali dengan salam, membaca doa, memberikan motivasi, dan arahan. b) Guru menyampaikan materi tentang puasa sunaah dan wajib melalui media power point c) Guru menerapkan metode diskusi sesuai dengang langkah langkah d) guru menutup pelajaran dengan berdoa dan mengucap salam. 3) Evaluasi dilakukan guru guru melalui observasi dan tes objektif bentuk pilihan ganda menunjukkan hasil yang sempurna bagi seluruh siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Mr Ramadhani Yoga Yoga pratama
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:47
Last Modified: 07 Jul 2023 06:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25567

Actions (login required)

View Item View Item