Upaya mengembangkan Motorik Halus Melalui Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Kelompok B Di RA Al-Barokah Desa Sruni Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember

Rahayu, Deva Agrivina (2023) Upaya mengembangkan Motorik Halus Melalui Media Colour Corrugated Paper (Kokoru) Kelompok B Di RA Al-Barokah Desa Sruni Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEVA AGRIVINA RAHAYU_T20195002.pdf

Download (6MB)

Abstract

Motorik halus pada anak merupakan pengendalian gerak tubuh melalui kegiatan yang terkoordinasi antara susunan saraf, otot, dan otak. Keterampilan motorik halus anak usia dini yakni seperti keterampilan dalam menggunakan jari-jari tangan dan gerakan yang dilakukan oleh pergelangan tangan dengan tepat seperti menggunting, memegang garpu dan sendok dengan baik, meremas dan kegiatan lainnya yang menggunakan otot-otot kecil. Salah satu media yang digunakan dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak di Kelompok B RA Al-Barokah yakni dengan menggunakan colour corrugate paper (Kokoru). Kokoru merupakan singkatan dari colour corrugated paper yang artinya adalah kertas bergelombang atau kertas beraneka warna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus serta menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan bahwa colour corrugated paper (kokoru) dalam mengembangkan kemampuan motorik halus yakni guru menyiapkan RPPH, guru guru mengajak untuk baris-berbaris serta mengajak anak untuk membaca doa dan surah pendek, guru menjelaskan materi serta media, guru membentuk kelompok, Mulai pengerjaan karya dengan teknik 3M yang mana guru bertugas mengawasi serta memberikan arahan, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan dan melakukan penilaian.Terkait faktor penghambat dalam mengembangkan kemampuan motorik halus melalui media colour corrugated paper (kokoru) yakni disebabkan oleh adanya kesulitan dalam menempel gulungan kertas, pemahaman anak yang kurang cepat tanggap, kondisi fisik pada diri anak, sikap belajar anak, kurangnya sarana dan prasaran, terlambatnya orang tua dalam mengantarkan anak ke sekolah.
Kata kunci: Kemampuan Motorik Halus, Kertas Kokoru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Deva agrivina rahayu Deva agrivina rahayu
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:50
Last Modified: 07 Jul 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25570

Actions (login required)

View Item View Item