Pengembangan۟E-booklet Untuk Meningkatkan Scientific Explanation Skill Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh kelas XI IPA SMAN 1 Leces Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023.

Rohmah, Siti Ainur (2023) Pengembangan۟E-booklet Untuk Meningkatkan Scientific Explanation Skill Siswa Pada Materi Sistem Pertahanan Tubuh kelas XI IPA SMAN 1 Leces Probolinggo Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
fix ini diPrint Revisi Ain Skripsi siap-dikompresi.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, E-booklet, Scientific Explanation Skill,
dan Sistem Pertahanan Tubuh.
Pada pendidikan abad ke-21 siswa dituntut untuk cakap dalam berbagai
bidang keterampilan, seperti kemampuan penjelasan ilmiah atau scientific
explanation skill.
Berdasarkan hasil analisis masalah dan kebutuhan siswa sebanyak 65,6%
siswa memiliki masalah pada scientific explanation skill, sebanyak 87,5% siswa
merasa bahwa scientific explanation skill itu dibutuhkan dan dapat membantu
pengalaman belajar,sebanyak 65,6% siswa tidak memiliki buku pegangan lain
untuk menunjang pembelajaran, dan 84,4% siswa mencari bahan ajar selain buku
yang disediakan di sekolah. Sehingga perlu adanya inovasi bahan ajar seperti e
booklet untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation skill.
Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan
keefektifan e-booklet pada materi sistem pertahanan tubuh untuk meningkatkan
scientific explanation skill siswa kelas XI IPA SMAN 1 Leces Probolinggo. Jenis
penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model
ADDIE. Model ADDIE terdiri dari tahapan-tahapan sebagai berikut 1) analyze, 2)
design, 3) development, 4) implementation, 5) evaluation. Teknik pengumpulan
data berupa wawancara, angket, observasi, dan tes. Instrumen pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar kisi-kisi validasi, pedoman wawancara, lembar
angket, dan tes. Teknik implementasi, teknik sampling yang digunakan adalah
Cluster Random Sampling (sampel acak berkelompok).
Hasil validasi materi didapatkan rata-rata 93% atau sangat valid, validasi media
didapatkan rata-rata 93,12% atau sangat valid, validasi bahasa mendapatkan hasil
88,75% atau sangat valid, validasi evaluasi 82,5% dengan kategori cukup valid, dan
ahli praktikalitas 88,3% atau sangat valid. Hasil analisis kepraktisan didapatkan
dari uji coba perorangan 87,92% dengan kategori sangat praktis dan uji coba
lapangan terbatas dengan nilai 89% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis
keefektifan didapatkan dari perbedaan nilai pretest posttest kelas kontrol dan kelas
eksperimen, hasil uji Mann Whitney untuk pretest sebesar 0,808 > 0,05 yang artinya
tidak terdapat perbedaan yang signifikan, kemudian uji Mann-Whitney pada
posttest sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada
posttest. Kemudian hasil perhitungan N-gain pada kelas kontrol mendapatkan nilai
N-gain yang termasuk kategori rendah karena mendapatkan nilai sebesar 0,142 <
0,3. Sedangkan pada kelas eksperimen mendapatkan nilai N-gain yang termasuk
kategori sedang atau efektif karena mendapatkan nilai sebesar 0,3 < 0,507 > 0,7.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk e-booklet ini valid, praktis, dan efektif
untuk meningkatkan scientific explanation skill siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Siti Ainur Rohmah
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:20
Last Modified: 07 Jul 2023 08:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25573

Actions (login required)

View Item View Item