PENGEMBANGAN BOOKLET BIOLOGI MATERI HEREDITAS PADA MANUSIA TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII DI MA ANNURIYYAH JEMBER

El-Firdaus, Nida'u Daviniah (2023) PENGEMBANGAN BOOKLET BIOLOGI MATERI HEREDITAS PADA MANUSIA TERINTEGRASI AYAT AL-QUR’AN UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII DI MA ANNURIYYAH JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam NegerI Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NIDA'U DAVINIAHEL-FIRDAUS.pdf

Download (11MB)

Abstract

Pendidikan Nasional memiliki tujuan agar peserta didik tidak hanya memiliki kemampuan secara intelektual tetapi juga dalam ranah spiritual. Pembelajaran yang dilakukan sudah seharusnya diintegrasikan antara ilmu pengetahuan,keterampilan,dan nilai-nilai keislaman agar tujuan Pendidikan nasional tercapai. salah satu ilmu pengetahuan yang dapat diintegrasikan dengan ilmu keagamaan adalah biologi. Materi hereditas pada manusia merupakan materi yang kajian pembahasannya luas dan bersifat abstrak. Dari hasil analisis peserta didik, 60% dari 20 peserta didik merasa kesulitan memahami materi hereditas pada manusia. Oleh karena itu, dalam mempelajari materi hereditas pada manusia dibutuhkan media ajar yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi tersebut dan diintegrasikan dengan ilmu keagamaan sehingga dapat mencapai tujuan Nasional Pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mendiskripsikan Validitas Booklet biologi materi hereditas pada manusia terintegrasi Al-Qur’an untuk peserta didik kelas XII MA Annuriyyah Jember. 2) Mendiskripsikan respons peserta didik terhadap Booklet biologi materi hereditas pada manusia terintegrasi Al-Qur’an untuk peserta didik kelas XII MA Annuriyyah Jember. 3) Mendiskripsikan efektivitas Booklet biologi materi hereditas pada manusia terintegrasi Al-Qur’an untuk peserta didik kelas XII MA Annuriyyah Jember.
Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah Model ADDIE, yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan hasil validasi para ahli yakni : 1) validasi ahli materi mendapatkan persentase 84,6% dengan kategori sangat valid, validasi ahli media mendapatkan 94,3% dengan kategori sangat valid, validasi ahli Agama mendapatkan 97% dengan kategori sangat valid, validasi ahli Bahasa mendapatkan 96,8% dengan kategori sangat valid, validasi ahli evaluasi mendapatkan 96% dengan kategori sangat valid dan validasi guru mendapatkan 97,8% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil persentase rata-rata respons peserta didik mendapatkan 89% dengan kategori sangat baik. 3) hasil uji t menggunakan paired sample T-test diperoleh sig.(2-tailed) sebesar 0,00<0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan Booklet. Hasil uji efektivitas menggunakan N-Gain diperoleh nilai N-Gain 0,73 dengan persentase 73% dengan kategori N-Gain Score tinggi dan katgori efektivitas gain cukup efektif.

Kata Kunci : Booklet, Integrasi, Hereditas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060499 Genetics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Nida'u Daviniah El-Firdaus
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:09
Last Modified: 07 Jul 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25575

Actions (login required)

View Item View Item