Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso

Nur Jannah, Fina (2023) Implementasi Metode Outdoor Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINA NUR JANNAH T20191187-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Implementasi Metode Outdoor Learning, Pembelajaran Fiqih
Implementasi metode outdoor learning yakni untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang menggunakan suasana di luar kelas sebagai konteks pembelajaran, dan media mengubah konsep-konsep yang diajarkan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan metode pembelajaran di luar kelas adalah upaya pengarahan siswa melakukan kegiatan yang membawa perubahan perilaku terhadap lingkungan sekitarnya. Hal inilah yang membuat belajar di luar kelas menjadi lebih kompleks, karena melibatkan siswa secara langsung dengan lingkungan mereka sesuai dengan materi yang diajarkan.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bondowoso?, (2) Bagaimana pelaksanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bondowoso?, (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bondowoso?.
Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bondowoso, (2) Menganalisis dan mendeskripsikan pelaksanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bondowoso, (3) Menganalisis dan mendeskripsikan evaluasi pelaksanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII MTs Negeri 2 Bondowoso.
Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bondowoso dimulai dengan membuat modul ajar untuk menentukan tujuan yang ingin dicapai. (2) Pelaksanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bondowoso kegiatan praktik pembelajaran di luar kelas. Siswa akan lebih mudah menyerap atau mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. (3) Evaluasi pelaksanaan metode outdoor learning dalam pembelajaran fiqih siswa kelas VII di MTs Negeri 2 Bondowoso dilakukan dengan guru memberikan soal yang bertujuan untuk mengukur sejauh mana pengetahuan siswa yang didapat dan paham tentang materi yang disampaikan melalui metode outdoor learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mahasiswa Fina Nur Jannah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:23
Last Modified: 07 Jul 2023 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25577

Actions (login required)

View Item View Item