Pengembangan Media Interactive Learning Bio-Applications pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X IPA di MA Ma'arif Ambulu Jember

Sa'adah, Hilyatus (2023) Pengembangan Media Interactive Learning Bio-Applications pada Materi Plantae untuk Siswa Kelas X IPA di MA Ma'arif Ambulu Jember. Undergraduate thesis, Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI HILYATUS SA'ADAH_T20198089.pdf

Download (22MB)

Abstract

Materi plantae merupakan materi yang mencakup jenis-jenis tumbuhan yang memiliki pokok bahasan cukup banyak. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Marsinah dan beberapa peserta didik kelas X IPA di MA Ma’arif Ambulu Jember, menyatakan bahwa materi yang sulit difahami ialah materi plantae, karena banyak menggunakan istilah latin. Hal ini diketahui dari hasil belajar pada materi tersebut dirasa masih kurang, yakni hampir 60% dari 33 peserta didik di kelas X IPA 1 berada di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebesar 75.  Oleh karena itu, dalam mempelajari materi ini diperlukan inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Solusi penginovasian media tersebut didasari juga oleh adanya kendala utama dalam pembelajaran biologi yakni kurangnya minat peserta didik dalam memanfaatkan media konvensional yang digunakan oleh guru. Maka dari itu, media interactive learning bio-applications menjadi pilihan untuk menunjang proses belajar yang menyenangkan dan menarik bagi peserta didik.

Rumusan masalah yang diteliti adalah: 1) Bagaimana kevalidan media interactive learning bio-applications pada materi plantae kelas X IPA siswa MA Ma’arif Ambulu Jember? 2) Bagaimana respons peserta didik terhadap pengembangan media interactive learning bio-applications pada materi plantae kelas X IPA siswa MA Ma’arif Ambulu Jember? 3) Bagimana tingkat efektivitas pengembangan media interactive learning bio-applications pada materi plantae kelas X IPA siswa MA Ma’arif Ambulu Jember?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kevalidan dan respons peserta didik, serta mengukur tingkat efektivitas pengembangan media interactive learning bio-applications pada materi plantae kelas X IPA siswa MA Ma’arif Ambulu Jember.

Jenis penelitian ini adalah  Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan soal test. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 1 dan 2 MA Ma’arif Ambulu Jember.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Media interactive learning bio-applications pada materi plantae dinyatakan sangat layak digunakan dengan persentase kevalidan oleh ahli media sebesar 95,42%; kevalidan oleh ahli materi sebesar 95,35%; kevalidan oleh ahli bahasa sebesar 95,83%; kevalidan oleh ahli evaluasi pembelajaran sebesar 96,67%; dan kevalidan oleh ahli praktisi sebesar 91,45%. 2) Hasil uji respons peserta didik terhadap media interactive learning bio-applications didapatkan nilai sebesar 86,51% untuk uji skala kecil dan 91,12% untuk uji skala besar dengan kriteria sangat menarik. 3) Hasil efektivitas media menggunakan uji T-Test diperoleh nilai signifikansi 0,000 dan uji N-Gain diperoleh nilai 79,762% dengan kriteria efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media interactive learning bio-applications dikategorikan Sangat Valid, Sangat Menarik, dan Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Plantae, Media Pembelajaran, Bio-Applications
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Hilyatus Sa'adah
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:53
Last Modified: 10 Jul 2023 00:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25579

Actions (login required)

View Item View Item