Analisis Fatwa DSN MUI Terhadap Akad Qardhul Hasan Pada Produk Pembiayaan Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember

Ahmad, Ghazali (2023) Analisis Fatwa DSN MUI Terhadap Akad Qardhul Hasan Pada Produk Pembiayaan Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD GHAZALI _E20191049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Ghazali, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I, M.E.I, 2023: Analisis Fatwa DSN MUI Terhadap Pelaksanaan Akad Qardhul Hasan Pada Produk Pembiayaan Di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember.
Kata kunci: Fatwa DSN MUI Nomor 19, Akad Qardhul Hasan
Akad secara signifikan bereda satu sama lain. Hal ini didasarkan pada prinsip (dasar), tujuan, ketentuan, karakteristik, dan fatwa-fatwa yang ada di dalam akat tersebut. Terkadang satu akad dikelompokkan bersama, meskipun memiliki karakteristik yang berbeda. Pinjaman amal tanpa imbalan yang dikenal dengan qardhul hasan biasanya digunakan untuk membeli barang yang dapat dipertukarkan (yaitu barang yang dapat diperkirakan dan diganti berdasarkan berat, ukuran, dan jumlah).
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana pelaksanaan akad qardhul hasan pada produk pembiayaan di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember? 2) Bagaimana analisis fatwa DSN MUI Nomor 19 Tahun 2001 pada pelaksanaan akad qardhul hasan produk pembiayaan di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan akad qardhul hasan pada produk pembiayaan di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan akad qardhul hasan pada produk pembiayaan di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember sesuai dengan Fatwa DSN MUI Nomor 19 Tahun 2001.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Menggunakan analisis data deskriktif. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data dilakukan secara triangulasi (gabungan).
Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Dalam pelaksanaan pembiayaan LASISMA dengan menggunakan akad qardhul hasan ada beberapa tahap yang harus dilakukan untuk mendaftar produk pembiayaan LASISMA ini seperti membentuk kelompok 1-10 orang, menjadi anggota terlebih dahulu, menyiapkan KTP/KK. Jadi hal terpenting bagi anggota yang ingin melakukan pembiayaan LASISMA anggota harus mempunyai kemauan, karakter, kemampuan yang jelas, setelah itu KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember melakukan rapat komite, Dikdas II, SPPP (Surat Putusan Pemberitahuan Pembiayaan), dan pencairan. 2) Produk pembiayaan LASISMA yang menggunakan akad qardhul hasan merupakan hasil dari semangat tolong menolong KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember kepada masyarakat yang ada di kecamatan Ajung. Oleh karena itu, di dalam pelaksanaan akad qardhul hasan pada produk pembiyaan LASISMA di KSPPS BMT NU Jawa Timur Cabang Ajung Jember telah sesuai dengan Fatwa DSN MUI Nomor 19 Tahun 2001. Akan tetapi dalam melakukan permintaan jasa seikhlasnya akan mengakibatkan unsur riba/bunga. Oleh karena itu, jasa seikhlasnya harus didasari oleh pemberian sukarela bukan paksaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Ahmad Ghazali
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:11
Last Modified: 07 Jul 2023 08:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25588

Actions (login required)

View Item View Item