ANALISIS KINERJA KEUANGAN LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YAYASAN DANA SOSIAL Al-FALAH JEMBER

Fitriana, Novia (2023) ANALISIS KINERJA KEUANGAN LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL YAYASAN DANA SOSIAL Al-FALAH JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Novi Lengkap Revisi Sidang WATERMAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Novia Rohmatin Febrian Fitriana, 2023: Analisis Kinerja Keuangan Lembaga Amil Zakat Nasional Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember.
Kata kunci: Analisis, Kinerja Keuangan, Lembaga Amil Zakat, Yayasan Dana Sosial Al-Falah Jember.

Lembaga Amil Zakat sebagai lembaga yang beorientasi pada kepentingan umat Islam seharusnya mengakomodasi seluruh prinsip syariah dan good zakat governance dalam menjalankan lembaganya, terutama dalam persoalan kinerja keuangan. Lembaga dituntut untuk dapat professional, akuntabel dan transparan terkait kinerja keuangan sebuah lembaga, agar masyarakat sebagai pihak yang menitipkan pengelolaan tersebut pada lembaga dapat terbangun kepercayaannya secara penuh. LAZNAS YDSF Kabupaten Jember selaku organisasi pengelola zakat yang ada di Jember juga senantiasa mendorong arah lembaga untuk semakin baik dalam kinerja keuangannya.
Penelitian ini berfokus pada dua fokus penelitian yang telah dirumuskan yaitu: 1) Bagaimana kinerja keuangan LAZNAS YDSF Jember?, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat kinerja keuangan LAZNAS YDSF Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kinerja keuangan LAZNAS YDSF Jember, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kinerja keuangan LAZNAS YDSF Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah sumber data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan prosedur analisa yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi.
Hasil penelitian dari penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Kinerja keuangan secara manajerial yang dilakukan oleh LAZNAS YDSF Kabupaten Jember telah mengacu pada lima tahapan yaitu; planning dalam perencanaan awal alur dan format kas keuangan lembaga, budgeting berupa perencanaan target dana dari donatur didapatkan, alokasi dana program dan operasional, controlling yang dilakukan untuk menjaga stabilitas keuangan lembaga, auditing berupa pemeriksaan keuangan secara internal untuk disesuaikan dengan prosedur dan standar akutansi yang berlaku dan reporting yang memiliki dua bentuk pelaporan yaitu: pertama, pelaporan terkait informasi program yang telah dilaksanakan dan kondisi keuangan lembaga. Kedua, analisis ratio keuangan lembaga. Namun dalam bentuk pelaporan keuangan berupa analisis ratio yang digunakan hanya mengacu pada format yang tidak terpercinci, sehingga dalam tahapan ini kurang dapat dilaksanakan secara maksimal, 2) Faktor pendukung terlaksananya kinerja keuangan yang secara manajerial baik di LAZNAS YDSF meliputi lima faktor yaitu: Faktor personal, kepemimpinan, tim yang dibentuk, sistem yang dijalankan dan tekanan dari pihak terkait. Sementara faktor penghambat terbagi menjadi empat yaitu; Faktor personal, tim yang dibentuk, sistem yang dijalankan dan tekanan dari pihak terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Novia Rohmatin Febrian Fitriana
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:08
Last Modified: 10 Jul 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25589

Actions (login required)

View Item View Item