Analisis pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas nasabah pt. bank rakyat indonesia cabang jember

Latifah, Vera Umi (2023) Analisis pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas nasabah pt. bank rakyat indonesia cabang jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI VERA UMI LATIFAH WATERMAX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Vera Umi Latifah, Ana Pratiwi, S.E, M.S.A. 2023. SKRIPSI. Judul: Analisis Pengaruh Experiential Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember.
Kata Kunci: Experiential Marketing, Loyalitas Nasabah
Experiential Marketing merupakan cara untuk membuat pelanggan menciptakan pengalaman melalui sense, feel, think, act, dan relate. Strategi experiential marketing berusaha menciptakan pengalaman yang positif bagi konsumen dalam mengkonsumsi produk atau jasa yang dapat dijadikan referensi bagi pemasar untuk memprediksi perilaku konsumen dimasa mendatang berupa tindakan pembelian ulang. Untuk meningkatkan kinerja agar optimal, perbankan harus memperhatikan hal-hal yang diinginkan oleh para nasabah, sehingga perlu dilakukannya penilaian melalui experiential marketing ini untuk mencapai sebuah keloyalitasan nasabah.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Apakah Sense berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember? 2) Apakah Feel berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember? 3) Apakah Think berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember? 4) Apakah Act berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember? 5) Apakah Relate berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember? 6) Apakah Variabel sense, feel, think, act, dan relate secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember?
Tujuan penelitiaan ini adalah mendeskripsikan: 1) Untuk mengetahui pengaruh sense terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember. 2) Untuk mengetahui pengaruh feel terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh think terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember. 4) Untuk mengetahui pengaruh act terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember. 5) Untuk mengetahu pengaruh relate terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember. 6) Untuk mengetahui apakah variable sense, feel, think, act, dan relate secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat uji regresi linier berganda dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji T dan Uji F beserta Uji Validitas dan Uji Reliabilitas dengan teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling atau dengan pertimbangan tertentu yang diikuti oleh 95 responden.
Berdasarkan hasil Uji Regresi pada Uji T dapat diketahui secara parsial dapat diketahui varibel sense, feel, think, act, dan relate berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember. Sedangkan untuk Uji F dapat diketahui secara simultan bahwa variabel sense, feel, think, act, dan relate berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Latifah Vera Umi
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:39
Last Modified: 10 Jul 2023 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25606

Actions (login required)

View Item View Item