Pengembangan Media Busy Book Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas II MI At-Taqwa Bondowoso

Khairunnisa, Zahratun (2023) Pengembangan Media Busy Book Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan di Kelas II MI At-Taqwa Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Zahratun Khairunnisa (T20194110).pdf

Download (6MB)

Abstract

Pada penelitian pengembangan media busy book ini, peneliti memilih pembelajaran matematika materi pecahan kelas II di MI At-Taqwa Bondowoso. Karena media busy book materi pecahan perlu diadakannya pengembangan karena media yang sebelumnya tidak bisa digunakan berulang kali. Kemudian dari hasil observasi di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso, pembelajaran matematika merupakan pembelajaran yang sulit untuk dipahami hanya melalui buku saja, perlunya media pembelajaran untuk mendampingi proses pembelajaran berlangsung.
Setelah melakukan observasi, diperoleh beberapa rumusan masalah dalam pengembangan media busy book, yaitu: 1) Bagaimana proses pengembangan media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso, 2) Bagaimana kelayakan media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso, 3) Bagaimana kepraktisan media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso, 4) Bagaimana keefektifan media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso.
Penelitian pengembangan media busy book ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui proses pengembangan media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso, 2) Untuk mengetahui kelayakan dari media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso, 3) Untuk mengetahui kepraktisan media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso, 4) Untuk mengetahui keefektifan media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan di kelas II MI At-Taqwa Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model penelitian 4D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, development, dan disseminate. Namun, karena keterbatasan sumber daya dan kemampuan peneliti prosedur penelitian ini hanya dilakukan dari tiga tahapan saja yaitu: define, design, dan development. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II MI At-Taqwa Bondowoso. Pengembangan media busy book ini divalidasi oleh 3 validator yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli pembelajaran.
Hasil penelitian dan pengembangan media busy book, yakni: 1) Desain media busy book memiliki beberapa komponen ditinjau dari aspek media dan materi yakni: cover, halaman media busy book, gambar atau pola, kantong kartu pecahan, kartu pecahan, petunjuk penggunaan, pemilihan warna, ukuran, dan tata letak. 2) Berdasarkan penilaian para validator ahli terkait kelayakan media busy book pada pembelajaran matematika materi pecahan memiliki kriteria penilaian sangat layak dengan rata-rata skor 95,8%. 3) Hasil respon peserta didik terhadap kepraktisan media yang dikembangkan memiliki kriteria penilaian “sangat praktis” dengan rata-rata skor 91%. 4) Berdasarkan hasil uji keefektifan melalui penilaian hasil belajar peserta didik, diperoleh skor 92,3 dengan kriteria “sangat efektif”.

Kata Kunci: Media busy book, pembelajaran matematika, MI At-Taqwa Bondowoso.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Zahratun Khairunnisa Caca
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:43
Last Modified: 11 Jul 2023 03:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25615

Actions (login required)

View Item View Item