IMPLEMENTASI HAK MEMILIH BAGI PENYANDANG DISABILITAS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM (STUDI KASUS PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 DI KABUPATEN LUMAJANG)

Sahriya, Alfiena (2023) IMPLEMENTASI HAK MEMILIH BAGI PENYANDANG DISABILITAS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 7 TAHUN 2017 TENTANG PEMILIHAN UMUM (STUDI KASUS PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019 DI KABUPATEN LUMAJANG). Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Alfiena Sahriya_S20193123.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hak memilih merupakan suatu partisipasi politik yang dilaksanakan oleh seluruh warga negara demokratis yang memiliki tujuan dan masa depan negara untuk memilih seseorang yang akan memegang tumpuk kepemimpinan dalam suatu negara. Hak untuk memilih diberikan kepada semua warga negara, tanpa terkecuali masyarakat penyandang disabilitas yang memenuhi syarat yang diatur dalam Pasal 5 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan hak ini wajib dilindungi, dihormati, dan dilaksanakan untuk menghapuskan diskriminasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Mengapa Pentingnya Hak Politik terutama Hak Memilih Bagi Penyandang Disabilitas? (2) Bagaimana Implementasi Hak Memilih Bagi Penyandang Disabiltas Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Dalam Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Lumajang? (3) Apa Saja Faktor-Faktor Penghambat Pelaksanaan Hak Memilih Bagi Penyandang Disabiltas Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Dalam Pemilu Tahun 2019 di Kabupaten Lumajang?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum empiris. Dan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa:(1) Hak Politik Terutama Hak Memilih Bagi Penyandang Disabilitas Dalam Pemilihan Umum Sangat Penting Karena Sebagai Sarana Terwujudnya Suatu Kebijakan Yang Sesuai, Aksesibel, Dan Inklunsif Terhadap Penyandng Disabilitas; (2) Implementasi Hak Memilih Bagi Penyandang Disbilitas Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Lumajang sudah sesuai dengan yang ditentukan seperti KPU Kabupaten Lumajang melakukan pemutakhiran data pemilih, memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilu, penyediaan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas, dan menyediakan layanan bantuan terhadap pemilih disabilitas, namun dalam hal ini masih terdapat beberapa kendala dalam proses pelaksanaannya; (3) Faktor-faktor yang Menghambat Implementasi Hak Memilih Bagi Penyandang Disbilitas Berdasarkan UU No. 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum Dalam Pemilihan Umum Tahun 2019 di Kabupaten Lumajang adalah masih ada pemilih disabilitas yang belum menerima sosialisasi tentang pemilu, petugas PPS yang masih ada yang belum paham memberikan pelayanan kepada pemilih disabilitas, dan KPU memberikan sosialisasi tentang pemilu melalui komunitas penyandang disabilitas Indonesia Kabupaten Lumajang (PPDI) sedangkan pemilih disabilitas lainnya yang tidak bergabung dalam komunitas masih ada yang belum menerima sosialisi.
Kata kunci : pemilihan umum, hak memilih, penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mrs. Alfiena Sahriya
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:38
Last Modified: 10 Jul 2023 01:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25624

Actions (login required)

View Item View Item