Pengaruh Hipnoterapi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin Sumberberas

Ngainun, Naazah (2023) Pengaruh Hipnoterapi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin Sumberberas. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ngainun Naazah_D20193109.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci: Hipnoterapi, Motivasi Belajar

Secara singkat hipnoterapi merupakan sebagai ilmu yang memberi sugesti atau pikiran yang positif kepada pikiran alam bawah sadar individu. Hipnoterapi dapat mengatasi masalah seperti menyembuhkan phobia, penyimpangan perilaku, mengatasi kesulitan belajar. Sehingga hipnoterapi dapat memperbaiki kebiasaan buruk seseorang. Dalam hal ini hipnoterapi menjadi salah satu metode yang di terapkan di MTs Miftahul Mubtadiin Sumberberas untuk meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar mempunyai peran penting dalam diri siswa, agar suatu tujuan yang diinginkan tercapai. Terdapat dua motivasi yaitu motivasi instrinsik dan motivasi ekstrinsik
Rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin Sumberberas. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh hipnoterapi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin Sumberberas”.
Metode dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif eksperimen dengan menggunakan rancangan True Eksperimental Pretest- Posstest Control Group Design. Nonprobability sampling sebagai strategi pengambilan sampel, sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 subyek, terdiri dari 13 kelompok eksperimen dan 13 kelompok Kontrol. Teknik dan instrument pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu: data uji analisis Independent Sampel T-Test diketahui nilai signifikan (2-tailed) adalah sebesar 0,582. Nilai 0,582 > 0,05, hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Namun dengan melihat nilai N-Gain Score pada kelompok kontrol lebih besar daripada kelompok eksperimen, artinya perubahan nilai tidak disebabkan oleh adanya treatment hipnoterapi. Dengan hipotesis yang berbunyi “ada Pengaruh Hipnoterapi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII MTs Miftahul Mubtadiin Sumberberas”, Ha ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ngainun Naazah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:42
Last Modified: 10 Jul 2023 03:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25634

Actions (login required)

View Item View Item