Peran Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Dalam Melakukan Pembinaan Pada Pasangan Yang Akan Bercerai di Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo

Salsabila, Arisaldi (2023) Peran Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Dalam Melakukan Pembinaan Pada Pasangan Yang Akan Bercerai di Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Salsabila Arisaldi D20193080.pdf

Download (10MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran BP4, Pembinaan, Pasangan yang bercerai
Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) bernaung dibawah Kementerian Agama. Usaha dalam melakukan pembinaan perkawinan kepada pasangan yang akan menikah atau sudah menikah bisa dilakukan di BP4, mempunyai tugas memberikan bimbingan, pendidikan dan penasehatan, baik penasehatan pra nikah maupun penasehatan terhadap keluarga yang bermasalah, lembaga ini difungsikan untuk menempatkan pasangan-pasangan yang bercerai. Peran BP4 ini adalah memberikan pembinaan, kedamaian kepada pasangan yang akan bercerai, karena tujuan perkawinan adalah untuk membentuk keluarga yang bahagia harmonis dan menjadi keluarga yang utuh. Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yakni 1) Peran BP4 dalam melakukan pembinaan pasangan yang akan bercerai di Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo ? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat BP4 dalam melakukan pembinaan pada pasangan yang akan bercerai di Kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo ? Tujuan penelitian yaitu 1) Bertujuan untuk mengetahui gambaran umum peran BP4 dalam membina pasangan yang akan bercerai. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat BP4 dalam melakukan pembinaan pada pasangan yang akan bercerai Adapun metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ditentukan menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan model Miles and Humberman dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Peran BP4 di kantor Kementerian Agama Kota Probolinggo adalah memberikan pembinaan, nasehat, menjadi mediator bagi pasangan yang akan bercerai 2) BP4 juga punya peran melakukan BINWIN kepada calon pengantin disetiap KUA se Kota Probolinggo 3) BP4 melakukan sosialisasi di Kantor Kementerian Agama dengan mengundang banyak masyarakat supaya keberadaan fungsi dan peran BP4 diketahui oleh masyarakat. Faktor pendukung keberfungsian atau peran BP4 adalah kesediaan pasangan yang akan bercerai hadir memeuhi panggilan atau undangan dalam rangka melakukan konsultasi atau pembinaan terkait permasalahan yang dihadapi, selain itu dukungan dari masyarakat kepada BP4 agar BP4 memberikan bimbingan kepada calon pengantin. Faktor yang menghambat keberhsilan BP4 adalah ketidak hadiran pasangan dalam proses pembinaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Salsabila Arisaldi
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:24
Last Modified: 10 Jul 2023 06:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25636

Actions (login required)

View Item View Item