NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI RITUAL METHIK PARI DI DESA SABRANG KECAMATAN AMBULU

Aqrobi, Ubaidillah (2023) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TRADISI RITUAL METHIK PARI DI DESA SABRANG KECAMATAN AMBULU. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
UBAIDILLAH AQROBI SKRIPSI WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Mengekspresikan cara beragama dapat dilakukan dengan menggunakan tradisi atau adat yang berkembang pada lingkungan sekitar kita tanpa meninggalkan Al-Qur’an dan Sunnah. Sebagaimana tradisi ritual methik pari, sebuah tradisi yang dilakukan oleh para petani sebagai wujud syukur para petani atas sampainya pada masa panen padi.
Fokus penelitian dalam skripsi ini memuat 3 hal: Bagaimanakah nilai-nilai hablum minAllah dalam tradisi ritual methik pari di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, Bagaimanakah nilai-nilai hablum minan-Nas dalam tradisi ritual methik pari di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember, Bagaimanakah nilai-nilai hablum minal-‘Alam dalam tradisi ritual methik pari di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai hablum minAllah dalam tradisi ritual methik pari di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Mendeskripsikan nilai-nilai hablum minan-Nas dalam tradisi ritual methik pari di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Mendeskripsikan nilai-nilai hablum minal-‘Alam dalam tradisi ritual methik pari di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.
Pada penelitian yang dilakukan kali ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Subjek penelitian dalam penelitian ini ditentukan menggunakan purposive, dan data yang dikumpulkan didapat menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Nilai-Nilai hablum minAllah dalam tradisi ritual methik pari yang pertama yaitu terdapatnya pengamalan dari rasa syukur. Syukur disini merupakan tujuan utama diselenggarakan acara methik pari ini.. Kemudian nilai ikhlas yang diwujudkan dengan keikhlasan petani membawa makanan berupa berkat sebagai bentuk syukur bil ‘amal. 2) Nilai-Nilai hablum minan-Nas dalam pelaksanaan tradisi ritual methik pari ini yaitu musyawarah, sebagaimana msyarakat melakukan musyawarah sebagai pijakan awal dalam mempersiapkan acara ini. Nilai ta’awun terlihat saat para petani bergotong royong mempersiapkan acara methik pari ini. serta nilai sedekah terhadap sesama nampak dari bagaimana masyarakat memberikan sebagian hasil bumi dan makanan berupa berkat tersebut pada masyarakat. 3) Nilai-Nilai hablum minal-‘Alam pada acara tradisi ritual methik pari sebagaimana para petani menjaga kebersihan di lingkuang perawahan, mereka turut serta membersihkan sungai, serta merapikan tanaman-tanaman liar yang mengganggu dengan maksud agar lingkungan nampak asri dan indah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ubaidillah Aqrobi
Date Deposited: 11 Jul 2023 06:25
Last Modified: 11 Jul 2023 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25637

Actions (login required)

View Item View Item