Implementasi Akad Rahn Tasjly Perspektif Maslahah Mursalah (Studi BMT NU Jawa Timur Cabang Jenggawah Jember)

Ifa Datus, Soimah (2023) Implementasi Akad Rahn Tasjly Perspektif Maslahah Mursalah (Studi BMT NU Jawa Timur Cabang Jenggawah Jember). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ifa Datus Soimah_S20192028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Praktik ekonomi akan mengalami perkembangan seiring dengan kebutuhan masyarakat. Maka dari itu, maslahah merupakan konsep yang paling penting dalam hal upaya pengembangan perekonomian Islam. Penerapan maslahah dalam kegiatan ekonomi dapat ditelaah menjadi beberapa aspek, contohnya dalam konteks mekanisme pasar, zakat produktif, pembentukan lembaga hisbah, serta kehadiran lembaga keuangan syariah dan lainnya. Maka, prinsip dari maslahah itu sendiri adalah upaya mengambil manfaat serta menghindari kemudharatan dalam hal pemeliharaan tujuan-tujuan syara’.

Kata kunci: Rahn Tasjily, Maslahah Mursalah, BMT NU
Fokus Penelitian skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi Akad Rahn Tasjily di BMT NU Jawa Timur Cabang Jenggawah Jember? 2) Bagaimana pandangan Maslahah Mursalah terhadap Akad Rahn Tasjily di BMT NU Jawa Timur Cabang Jenggawah Jember? Adapun tujuan penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) untuk mengetahui implementasi Rahn Tasjily di BMT NU Jawa Timur Cabang Jenggawah Jember. 2) untuk mengetahui pandangan Maslahah Mursalah terhadap Akad Rahn Tasjily di BMT NU Jawa Timur Cabang Jenggawah Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif yakni yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi data.
Adapun hasil penelitian ini yaitu : 1) Implementasi akad rahn tasjily di BMT NU Cabang Jenggawah adalah bukti sah kepemilikan yang bisa digunakan sebagai agunan pembiayaan akad rahn tasjily ialah berupa BPKB sepeda motor, mobil dan sertifikat. Untuk mekanisme akad rahn tasjily di BMT NU ialah nasabah mengisi formulir pembiayaan kemudian menyerahkan persyaratanya berupa fotokopi KTP, fotokopi KK, fotokopi surat nikah, fotokopi barang jaminan (BPKB atau sertifikat) untuk diverifikasi data. Kemudian nasabah di wawancarai oleh kepala cabang. Setelah itu nasabah menunggu hasil survey dari bagian pembiayaan yang diserahkan kepada kepala cabang dan menetapakan kelayakan calon nasabah diberikan pembiayaan. Kepala cabang memutuskan mengenai jumlah pinjaman dan jangka waktu pinjaman, apabila nasabah itu layak. Staf bagian keuangan dan administrasi memberi tahu nasabah agar datang ke kantor dan membawa barang jaminan. Antara kepala cabang dan nasabah melakukan akad. Setelah itu, nasabah dapat memberikan bukti slip akad kepada teller untuk melanjutkan proeses pencairan. 2) Pandangan Maslahah Mursalah terhadap Akad Rahn Tasjily di BMT NU Cabang Jenggawah Jember adalah boleh, ditinjau dari macam-macam maslahah dari segi prioritas penggunaanya. Dari hasil analisis peneliti akad Rahn tasjily di BMT NU Cabang Jenggawah dikategorikan dalam Maslahat Hajiyat. Ditinjau dari segi berubah dan tidaknya maslahah, dikategorikan dalam Mashlahah Mutaghayyirah. Ditinjau dari segi keberadaan mashlahah menurut syara’, dikategorikan dalam Maslahah Mursalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Mrs. Ifa Datus Soimah
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:51
Last Modified: 14 Jul 2023 05:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25639

Actions (login required)

View Item View Item