Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember

Mela, Silfiyaningsiih (2023) Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Prestasi Non Akademik Siswa Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISI MELA SILFIYANINGSIH T20183078-FIX watermak.pdf

Download (6MB)

Abstract

Manajemen kesiswaan merupakan kegiatan yang direncanakan dan
diusahakan dengan sengaja, serta pembinaan secara terus menerus dilakukan agar peserta didik dapat mengikuti proses kegiatan secara efektif dan efisien. Karena dalam dunia pendidikan seringkali prestasi menjadi tolak ukur keberhasilan lembaga. Dalam usaha meningkatkan prestasi non akademik sering mengalami permasalahan karena tidak semua lembaga pendidikan memberikan izin, maka dari itu perlu adanya manajemen kesiswaan yang baik serta dukungan yang berkelanjutan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMKN 8 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMKN 8 Jember? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMKN 8 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMKN 8 Jember. 2) Mengetahui pelaksanaan kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMKN 8 Jember. 3) Mengetahui evaluasi kegiatan kesiswaan dalam meningkatkan prestasi non akademik siswa di SMKN 8 Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teori dari Milles and Huberman yaitu kondensasi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini yakni 1) Perencanaan kegiatan kesiswaan di SMKN 8 Jember di mulai dengan mengidentifikasi kegiatan akademik yang disesuaikan dengan bakat dan minat peserta didik, mengsosialisasikan kegiatan non akademik yang dilakukan untuk siswa, mengidentifikasi sarana prasarana penunjang yang dibutuhkan dalam kegiatan non akademik.; 2) Pelaksanaan yang dilakukan oleh SMKN 8 Jember ialah di awali dengan (a) penyelenggaraan kegiatan non akademik (b) pengikut sertaan murid untuk aktivitas akademik (c) mengelompokkan murid (d) menunjuk guru pembina (e)penjadwalan pelaksanaan ekstrakurikuler (f) pengendalian disiplin pembinaan siswa. 3) Evaluasi kegiatan di SMKN 8 Jember di awal dan akhir yakni meliputi kegiatan perbandingan citacita prestasi non akademik ataupun harapan yang akan diwujudukan, pencarian penyebab terpenuhi atau tidaknya target yang ditentukan.

Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan; Prestasi Non Akademik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mela Silfiyaningsih
Date Deposited: 11 Jul 2023 02:08
Last Modified: 11 Jul 2023 02:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25659

Actions (login required)

View Item View Item