Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sumbersari

Hikmatul, Laili (2023) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Sumbersari. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING.pdf

Download (17MB)

Abstract

MIN 3 Sumbersari merupakan sekolah penggerak yang menerapkan kurikulum merdeka. Karena masih dalam percobaan gurunya juga masih mencoba mencari model pembelajaran yang tepat. Dari hasil observasi, hasil SAS mata pelajaran IPAS siswa kelas IV kurang memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) yang telah disepakatai ooleh guru dan satuan pendidikan salah satu penyebabnya adalah pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher center). Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimen jenis non equivalent control group design. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas I dan IV sebanyak 165. Sampel penelitian adalah kelas IV A dan IV B sejumlah 56 siswa. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis menggunakan uji independent sample t-test dan uji dependen.
Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model PBL relatif rendah, presentase kelulusan kelas eksperimen 7%. Begitu juga kelas kontrol presentase kelulusan 6%. Setelah diterapkan model PBL hasil belajar siswa meningkat dnegan presentase kelulusan di kelas ekpserimen 70%. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa ada perbandingan nilai dari hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan hasil uji paired sample t-test menunjukkan p.sig 0,00 < 0,05 dan dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV MIN 3 Sumbersari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Hikmatul Laili
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:37
Last Modified: 10 Jul 2023 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25666

Actions (login required)

View Item View Item