Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di madrasah aliyah syafi'iyah probolinggo

Rosidah, Shofiyatur (2023) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di madrasah aliyah syafi'iyah probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
sofiyatur rosidah watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Shofiyatur Rosidah, 2023: strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di Madrasah Aliyah Syafi’iyah Probolinggo.
Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Sikap, Religius
Kepala madrasah sebagai seorang pemimpin mempunyai peran yang sangat penting serta bertanggung jawab untuk mencetak anak-anak bangsa yang berprestasi dan mempunyai sikap religius yang tinggi. Untuk meningkatka sikap religius siswa kepala madrasah harus mempunyai strategi yang baik dan tepat agar bisa meraih hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu kepala madrasah harus bisa menggerakkan semua warga sekolah untuk berpartisipasi dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dengan menjunjung sikap religius.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di Madrasah Aliyah Syafi’iyah? 2). Bagaimana dampak dari strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di Madrasah Aliyah Syafi’iyah? 3). Apa kendala yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di Madrasah Aliyah Syafi’iyah?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius peserta didik, 2). Mesdepkripsikan dampak yang terjadi dari adanya strategi kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius, 3). Mesndeskripsikan kendala yang dihadapi oleh kepala madrasah dalam meningkatkan sikap religius peserta didik di Madrasah Aliyah Syafi’iyah Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1). Strategi kepala madrasah untuk meningkatkan sikap religius yaitu dengan menggunakan strategi keteladanan, pembiasaan, dan kemitraan. 2). Dampak dari adanya strategi yang dilakukan kepala madrasah memberikan dampak yang baik seperti meningkatnya kedisiplinan, sopan santun, kecerdasan religius, dan hubungan komunikasi yang baik antara pihak sekolah dengan wali murid dan masyarakat sekitar, 3). Kendala yang dihadapi kepala madrasah adalah faktor internal berupa kurangnya kesadaran diri pada siswa meliputi masih ada peserta didik yang bermalas-malasan dalam mengikuti kegiatan, bolos sekolah, dan faktor eksternal berupa tidak adanya sarana tempat ibadah berupa masjid atau musholla madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Shofiyatur Rosidah
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:06
Last Modified: 10 Jul 2023 01:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25677

Actions (login required)

View Item View Item