MODEL PENGELOLAAN BANK SAMPAH LARAHAN MAKMUR DAN IMPLIKASI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA SUCI KABUPATEN JEMBER

SULAIMAN, AHMAD (2023) MODEL PENGELOLAAN BANK SAMPAH LARAHAN MAKMUR DAN IMPLIKASI DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN KELUARGA DI DESA SUCI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
2. AHMAD SULAIMAN_E20182250.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ahmad Sulaiman, Dr. Ahmadiono, M.E.I. 2023: Model Pengelolaan Bank Sampah Larahan Makmur dan Implikasi dalam Pendapatan Keluarga di Desa Suci Kabupaten Jember.

Dalam menyelesaikan permasalahaan sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mengeluarkan peraturan terbaru No. 14 Tahun 2021 Tentang pengelolaan sampah pada bank sampah. Kementerian lingkungan hidup dan kehutanan terus berkerja keras dalam mengembangkan bank sampah. Kegiatan ini merupakan salah satu aktivitas yang bisa mengajarkan masyarakat dalam memilah sampah dan manapun untuk meningkatkan kesadaran dari masyarakat agar bisa mengelola sampah lebih bijak lagi.
Fokus penelitian yang diteliti pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana model pengelolaan sampah melalui Bank Sampah Larahan Makmur di Desa Suci Kabupaten Jember? 2. Bagaimana implikasi model pengelolaan sampah melalui bank sampah Larahan Makmur dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Suci Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu. 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan model pengelolaan sampah melalui bank sampah Larahan Makmur di Desa Suci Kabupaten Jember. 2. Untuk mengetahui implikasi model pengelolaan sampah melalui bank sampah Larahan Makmur dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Suci Kabupaten Jember.
Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research), dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data. Kemudian data dianalisa menggunakan metode kualitatif yang bersifat induktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Dari penelitian dapat ditarik kesimpulan 1. Pada proses pengelolaan bank sampah menerapkan fungsi manajemen yang terdiri dari planning, organizing, actuanting, controling dijalankan dengan baik dan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab setiap anggota bank sampah Larahan Makmur. Mekanisme pengelolaannya ada beberapa tahap yaitu: sosialisasi awal, pelatihan teknis, pelaksanaan pengembangan bank sampah, pengelolaan dan evaluasi yang melibatkan masyarakat. 2. Pada program pengelolaan sampah dengan 3R (reduce, reuse, recycle) dapat membantu peran pemerintah untuk mengurangi volume sampah, menggunakan kembali, mendaur ulang sampah menjadi barang yang memiliki nilai guna dan tidak ada yang sia-sia, dan dapat menambah income pendapatan masyarakat melalui penggunaan kembali dan daur ulang sampah yang didapatkan dari hasil menabung sampah dan daur ulang sampah.

Kata Kunci: Pengelolaan, Bank Sampah, Pendapatan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Man Ahmad Sulaiman
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:31
Last Modified: 10 Jul 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25682

Actions (login required)

View Item View Item