PERUBAHAN PERILAKU EKONOMI REMAJA DI KAWASAN HANDICRAFT (Studi pada Remaja Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember)

AZIZI, MUHAMMAD (2023) PERUBAHAN PERILAKU EKONOMI REMAJA DI KAWASAN HANDICRAFT (Studi pada Remaja Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
hard.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Azizi, M. Saiful Anam, M.Ag. 2023: Perubahan Perilaku Ekonomi Remaja Di Kawasan Handicraft (Studi pada Remaja Desa Balung Kulon Kecamatan Balung Kabupaten Jember)
Perubahan adalah suatu proses mengakibatkan keadaan sekarang berbeda dengan keadaan sebelumnya, perubahan dapat berupa kemajuan dan kemunduran. Keberadaan industri secara normatif akan membawa perubahan tertentu seperti perubahan pencarian nafkah pada masyarakat yang berada di kawasan tersebut, yang akan menjadi titik tumbuh perekonomian masyarakat dalam rangka mencapai kesejahteraan ekonomi.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perilaku ekonomi remaja di Desa Balung Kulon sebelum terjadi pandemi 2) Bagaimana perilaku ekonomi remaja di Desa Balung Kulon sejak terjadi pandemi 3) Bagaimana perubahan perilaku ekonomi remaja di Desa Balung Kulon sebelum dan sesudah terjadi pandemi
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perilaku ekonomi remaja di Desa Balung Kulon sebelum terjadi pandemi 2) Untuk mengetahui perilaku ekonomi remaja di Desa Balung Kulon sejak pandemi 3) Untuk mengetahui perubahan perilaku ekonomi remaja di Desa Balung Kulon sebelum dan saat terjadi pandemi
Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research), dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data. Kemudian data dianalisa menggunakan metode kualitatif yang bersifat induktif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pada masa sebelum pandemi remaja di kawasan handicraft Desa Balung Kulon belum ada perubahan perilaku ekonomi, dan hanya sebagai pelaku ekonomi konsumtif. 2) Perilaku ekonomi remaja di kawasan handicraft pada masa pandemi terjadi disaat remaja tidak ada aktivitas seperti biasanya karena terjadi pembatasan sosial (PPKM) sehingga muncul pemikiran untuk memanfaatkan sosial media sebagai tempat untuk memasarkan kerajinan. Sehingga pada saat ini terjadilah perubahan ekonomi yang dapat dirasakan remaja di Desa Balung Kulon. 3) Perubahan ekonomi remaja di kawasan ini terjadi pada saat sebelum dan saat terjadinya pandemi, pada saat sebelum pandemi remaja dikawasan ini hanya sebagai pelaku ekonomi konsumtif sedangkan saat pandemi terjadi perubahan ekonomi dikarenakan memanfaatkan sosial media sebagai pemasaran produk dari kawasan handicraft.

Kata Kunci: Perubahan Ekonomi, Remaja, dan Handicraft.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: MAN MUHAMMAD AZIZI
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:50
Last Modified: 10 Jul 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25684

Actions (login required)

View Item View Item