Analisis Strategi Maintenance Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Malang

Yatur Romadiah, Nisfi (2023) Analisis Strategi Maintenance Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah di Bank Muamalat Kantor Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nisfi Yatur Romadiah_E20191206.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nisfi Yatur Romadiah, Dr. H. Fauzan S.Pd., M.Si. 2023 : Analisis Strategi Maintenance Kualitas Pelayanan Dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Malang.
Kata Kunci: Maintenance, Pelayanan, Loyalitas.
Dunia perbankan syariah menyadari betapa pentingnya memperoleh dan mempertahankan kepercayaan nasabah bagi keberhasilan bisnis bank syariah. Loyalitas berhubungan erat dengan pelayanan yang baik dan kepuasan. Strategi maintenance yang digunakan oleh Bank Muamalat ini banyak juga diterapkan oleh bank-bank yang lainnya di seluruh Indonesia. Salah satunya di Bank Muamalat Kantor Cabang Malang. Strategi yang digunakan adalah antara lain dengan cara memberikan perhatian khusus kepada nasabah dengan menghubungi nasabah, memberikan ucapan selamat, pemberian hadiah, dan lain sebagainya tidak hanya nasabah prioritas saja akan tetapi semua nasabah yang menanamkan modalnya di Bank Muamalat Kantor Cabang Malang.
Fokus masalah Bagaimana analisis strategi maintenance kualitas pelayanan dalam mempertahankan loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Malang.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui analisis strategi maintenance kualitas pelayanan dalam mempertahankan loyalitas nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Malang.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis penelitian mengunakan kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara sumber, dan dokumentasi, dan validitas data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian dari strategi maintenance yang dilakukan oleh Bank Muamalat Kantor Cabang Malang yaitu: Analisis dari strategi maintenance kualitas pelayanan yang dilakukan oleh Bank Muamalat Kantor Cabang Malang adalah dengan cara memberikan fasilitas-fasilitas kelas atas seperti layanan pelayanan yang sopan santun, sapa dan salam kepada nasabah, pembukaan rekening di tempat nasabah bagi nasabah yang tidak bisa datang ke Bank Muamalat, serta silaturahmi kerumah nasabah, serta pemberian layanan memudahkan dalam bentuk konfirmasi melalui telfon dan sms. untuk nasabah prioritas yang dananya lebih dari 500 juta ada tabahan layanan Free Transfer, Free Airport Lounge dan Gift Reward tidak hanya itu dananya yang di atas 100 juta keatas juga medapatkan maintenance berupa pelayanan yang lebih dan mendapatkan ucapan, hadiah atau gift reward dari Bank Muamalat. Peran dari program strategi maintenance untuk mempertahankan loyalitas nasabah sangatlah penting jika nasabahnya tidak diberikan perhatian dan dibiarkan saja maka nasabah tersebut akan berpindah ke bank lainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Nisfi Nisfi Yatur Romadiah
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:48
Last Modified: 10 Jul 2023 03:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25693

Actions (login required)

View Item View Item