Pemenuhan Hak Pendidikan Penyandang Disabilitas Berdasarkan Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 56 Tahun 2018 Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Bondowoso

Baihaki, Mohammad (2023) Pemenuhan Hak Pendidikan Penyandang Disabilitas Berdasarkan Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 56 Tahun 2018 Tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Mohammad Baihaki_S20193131.pdf

Download (594kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pendidikan anak penyandang disabilitas yang secara umum dilihat dalam kehidupan bermasyarakat masih mengalami diskriminasi dan kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Selain itu, ada perlakuan tidak sama dalam pendidikan yang diperoleh anak penyandang disabilitas dengan anak-anak pada umumnya, sehingga anak penyandang disabilitas menjadi tidak percaya diri. Hak pendidikan penyandang disabilitas diatur dalam Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 56 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Dan Perlindungan Hak-Hak Pendidikan Penyandang Disabilitas. Maka seharusnya aturan tersebut dilaksanakan dengan baik, agar penyandang disabilitas mendapatkan pendidikan yang baik dan berkualitas. Penyandang disabilitas adalah seseorang yang mempunyai keterbatasan baik secara fisik, intelektual, mental, maupun sensorik. Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pemenuhan hak pendidikan penyandang disabilitas di Bondowoso Berdasarkan Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas, 2) Apa kendala pemenuhan hak pendidikan penyandang disabilitas di Bondowoso Berdasarkan Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 56 Tahun 2018 Tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum empiris dengan pendekatan undang-undang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi nonpartispasif, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Untuk analisis data yang digunakan adalah reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan trakhir penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: 1) Pemenuhan hak-hak pendidikan anak penyandang disabilitas di Bondowoso berdasarkan pada Peraturan Bupati Bondowoso No. 56 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Bondowoso, terlaksana tidak maksimal, dan Peraturan Bupati Bondowoso No. 56 Tahun 2018 tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Bondowoso tidak diketahui oleh pihak penyelenggara dan pelaksana dari Peraturan Bupati Bondowoso tersebut. 2) Kendala dalam pemenuhan hak-hak pendidikan anak penyandang disabilitas berdasarkan pada Peraturan Bupati Bondowoso Nomor 56 Tahun 2018 tentang Perlindungan Dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas Di Kabupaten Bondowoso, diantaranya pada pihak masyarakat, pihak penyelenggara dan pelaksana, sarana dan prasarana, trakhir Peraturan Bupati Bondowoso sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180120 Legal Institutions (incl. Courts and Justice Systems)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Mohammad Baihaki
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:59
Last Modified: 10 Jul 2023 00:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25699

Actions (login required)

View Item View Item