PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING BRI DI KOTA JEMBER (STUDI PADA NASABAH BRI GENERASI Y DAN GENERASI Z)

Ayu, Putri Adining (2023) PENGARUH PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING BRI DI KOTA JEMBER (STUDI PADA NASABAH BRI GENERASI Y DAN GENERASI Z). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI ADINING AYU WATERMARK (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Putri Adining Ayu, Ana Pratiwi, 2023: Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Persepsi Kemudahan terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking BRI di Kota Jember (Studi pada Nasabah Generasi Y dan Generasi Z)

Kata Kunci: Persepsi Kegunaan. Persepsi Kemudahan, Minat Penggunaan, Mobile banking BRI.

Peran teknologi di era revolusi industri 4.0 mengambil alih hampir sebagian besar aktivitas perekonomian. Hal ini tentunya menjadi peluang bagi dunia perbankan untuk ikut andil dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabahnya. Dengan menyediakan layanan online dalam melakukan transaksi keuangan maupun non keuangan tentu akan memberikan manfaat serta kemudahan bagi para nasabah. Manfaat dan kemudahan ini ditawarkan oleh perbankan melalui layanan mobile banking.
Rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap minat nasabah pengguna mobile banking BRI pada generasi Y dan generasi Z di Kota Jember?
Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap minat nasabah pengguna mobile banking BRI pada generasi Y dan generasi Z di Kota Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuatitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling melalui penyebaran kuesioner dan menggunakan rumus Cochran sehingga responden yang diambil sebanyak 100 orang. Sedangkan teknik analisis data diuji dengan menggunakan bantuan program SPSS.
Hasil pengujian secara parsial diperoleh nilai thitung > ttabel dan nilai Sig < 0,05. Maka hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan terhadap minat penggunaan mobile banking BRI. Sedangkan hasil pengujian secara simultan dapat diketahui bahwa nilai Fhitung > F tabel dan nilai Sig < 0,05. Maka hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan secara simultan berpengaruh secara positif dan signifikasn terhadap minat penggunaan mobile banking BRI. Berdasarkan hasil uji koefisiensi determinasi menunjukkan bahwa variabel persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan dapat mempengaruhi variabel minat penggunaan sebesar 52,9%. Sedangkan sisanya 47,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Putri Adining Ayu
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:46
Last Modified: 10 Jul 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25702

Actions (login required)

View Item View Item