IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL HASAN PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Fitroni, Ali Farhan (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN AL HASAN PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ALI FARHAN FITRONI_T20161202..pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK

Ali Farhan Fitroni, 2023: Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Al Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini sekolah bekerjasama dengan beberapa guru mata pelajaran untuk penerapan projek yang mana semestinya di lakukan di setiap mata pelajaran.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Al Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Bagaimana Pelaksanaan kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Al Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 3) Bagaimana Evaluasi kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Al Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitiani ini, adalah : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penentuan informan dipilih sesuai kriteria dari topik penelitian. Analisis data yang digunakan model Miles dan Huberman meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data peneliti menggunkan triangulasi metode dan sumber.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1) Pada perencanaan penerapan kurikulum merdeka pihak komite sekolah melakukan riset dan pendekatan terhadap peserta didik untuk mendapatkan kesepakatan belajar. 2) Pelaksanaan kurikulum merdeka juga dinilai lebih relevan dan interaktif. Pembelajaran melalui kegiatan projek (project based learning) memberikan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual, seperti masalah lingkungan, kesehatan, dan lainnya. 3) Evaluasi kurikulum ini membebaskan peserta didik untuk memilih mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. Dengan adanya kurikulum ini, baik peserta didik maupun guru bisa mengajar sesuai tahap capaian dan perkembangannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ali Farhan Perpustakaan UINKHASJember
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:10
Last Modified: 10 Jul 2023 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25709

Actions (login required)

View Item View Item