Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Gemar Membaca Siswa Di SMAN Ambulu Jember

Dermawan, Moch Diki (2023) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Gemar Membaca Siswa Di SMAN Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Done Bismillah Skripsiii Moch Diki Dermawan (T20193083).pdf

Download (31MB)

Abstract

Sebuah lembaga pendidikan tentunya memiliki seorang pemimpin yaitu kepala sekolah yang merupakan salah satu kunci dalam mencapai keberhasilan di lembaga pendidikan tersebut. Untuk dapat menciptakan sebuah lembaga pendidikan yang memiliki karakter gemar membaca, maka dibutuhkan strategi profesional kepala sekolah yang dikelola oleh tenaga yang kompeten dalam bidang tersebut agar menjadi sekolah yang berkualitas dan menanamkan karakter gemar membaca dalam siswa. Gemar membaca merupakan salah satu karakter yang harus di terapkan sejak dini agar menambah kemampuan berfikir, mengolah kata dan keterampilan bahasanya akan semakin baik sehingga akan menciptakan kader-kader yang berkualitas.
Penelitian ini memiliki fokus penelitian 1) Bagaimana formulasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan karakter gemar membaca siswa di SMAN Ambulu Jember? 2) Bagaimana implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan karakter gemar membaca siswa di SMAN Ambulu Jember? 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan karakter gemar membaca siswa di SMAN Ambulu Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu : Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data, 3) Penarikan kesimpulan/verifikasi dan yang terakhir adalah uji keabsahan data yang menggunkan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) Formulasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan karakter gemar membaca siswa di SMAN Ambulu Jember ada beberapa hal yang dilakukan diantaranya penguatan visi dan misi, penguatan SDM, memfasilitasi sarana prasarana dan integrasi melalui program rapat. 2) Implementasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan karakter gemar membaca siswa di SMAN Ambulu Jember dengan melakukan program literasi yang terdapat beberapa tahapan diantaranya melalui pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. 3) Evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan karakter gemar membaca siswa di SMAN Ambulu Jember yaitu dengan melakukan rapat seminggu sekali bersama stakeholder untuk memberikan pengarahan dan bimbingan dengan melihat apa yang sudah di rencanakan sebelumnya, melihat buku kunjungan di perpustakaan, selain itu evaluasi juga dilakukan dengan mengikuti ANBK Kemendikbud atau Asesmen Nasional serta rapat tahunan, dimana kepala sekolah dan para guru menetapkan apa yang perlu di perbarui dalam meningkatkan karakter gemar membaca dan apa yang perlu di benahi. Dengan begitu kepala sekolah dapat mengetahui beberapa peningkatan karakter gemar membaca siswa, sehingga untuk kedepanya akan menjadi lebih komprehensif.

Kata Kunci: Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Karakter Gemar Membaca

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mochammad Diki Dermawan
Date Deposited: 10 Jul 2023 00:46
Last Modified: 10 Jul 2023 00:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25714

Actions (login required)

View Item View Item