Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Materi Prisma di SMP Argopuro 1 Panti Jember

Rozita, Apriliyani (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis dan Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Materi Prisma di SMP Argopuro 1 Panti Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ROZITA APRILIYANI-T20197037.pdf

Download (9MB)

Abstract

Permasalahan yang ada di SMP Argopuro 1 Panti Jember ialah rendahnya pemahaman siswa dan kolaborasi antar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya nilai ulangan harian siswa yang masih tergolong rendah. Penyebab dari permasalahan tersebut ialah kurangnya motivasi dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika serta kurangnya inovasi model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan kolaborasi siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi prisma di SMP Argopuro 1 Panti Jember?; 2) Bagaimana kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E pada materi prisma di SMP Argopuro 1 Panti Jember?; 3) Apakah model pembelajaran learning cycle 7E berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi prisma di SMP Argopuro 1 Panti Jember?; 4) Apakah model pembelajaran learning cycle 7E berpengaruh terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada materi prisma di SMP Argopuro 1 Panti Jember?.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP Argopuro 1 Panti Jember. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel penelitian yaitu kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji statistik yaitu statistik deskriptif dan inferensial.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Adanya perbedaan kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan kolaborasi siswa kelas kontrol sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan peningkatan sebesar 55,65% untuk kemampuan pemahaman matematis siswa dan 3,6% untuk keterampilan kolaborasi siswa; 2) Adanya perbedaan kemampuan pemahaman matematis dan keterampilan kolaborasi siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E dengan peningkatan sebesar 110,47% untuk kemampuan pemahaman matematis siswa dan 20,05% untuk keterampilan kolaborasi siswa; 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa dengan nilai sig. 0,008 < 0,05; 4) Terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan kolaborasi siswa dengan nilai sig. 0,005 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010201 Approximation Theory and Asymptotic Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rozita Apriliyani
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:19
Last Modified: 10 Jul 2023 06:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25717

Actions (login required)

View Item View Item