Analisis Strategi Positioning Produk Smartphone di Putih Cellular Mumbulsari Jember

Khotib, Ahmad (2023) Analisis Strategi Positioning Produk Smartphone di Putih Cellular Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kian Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AHMAD KHOTIB_E20172166.pdf

Download (4MB)

Abstract

Ahmad Khotib, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I, 2023 : Analisis Strategi Positioning Produk Smartphone di Putih Cellular Mumbulsari Jember
Kebutuhan terhadap smartphone dewasa ini, menunjukkan peningkatan yang semakin pesat. Fenomena tersebut, tidak lain karena perilaku konsumen yang selalu menginginkan kemudahan disetiap kegiatannya sehari-hari. Hal ini, menciptakan permintaan smartphone terbaru dan bermerek juga semakin meningkat. Akibatnya, timbul persaingan antar merek atau brand smartphone dilingkup perusahaan dan juga toko retail atau counter.
Adapun fokus masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana strategi positioning produk smartphone di Putih Cellular Jember?, 2) Bagaimana implikasi penerapan strategi positioning produk pada volume penjualan smartphone android di Putih Cellular Jember?
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi positioning produk smartphone android di Putih Cellular Jember. 2) Untuk mengetahui implikasi strategi positioning produk pada volume penjualan smartphone android di Putih Cellular Jember.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian dekriptif. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Di mana informan dipilih dengan teknik purposive. Kemudian, untuk keabsahan data yang dipakai adalah triangulasi sumber.
Hasil dari pada penelitian ini yaitu: 1) Strategi positioning produk smartphone android di counter Putih Cellular Jember sebagai berikut: a) positioning produk berdasarkan atribut/fitur pada smartphone. b) positioning produk berdasarkan harga dan kualitas smartphone. c) positioning produk berdasarkan manfaat smartphone. d) positioning produk berdasarkan tipe komsumen/pengguna smartphone. e) positioning produk berdasarkan pesaing antar produk smartphone. Kelima strategi positioning produk smartphone tersebut di atas dilaksanakan dengan cara menerapkan tujuh langkah penjualan serta memberikan pelayanan terbaik. Jadi, counter Putih Cellular Jember berusaha memposisikan diri sebagai counter resmi dengan pelayanan terbaik, produk terlengkap serta sesuai dengan kaidah ekonomi Islam. 2) Implikasi dari pada penerapan strategi positioning produk tersebut, meningkatkan volume penjualan smartphone di counter Putih Cellular Jember, dari 346 unit menjadi 861 unit pada rentang tahun 2019 sampai dengan tahun 2022.
Kata Kunci: Strategi Positioning, Produk Smartphone, Volume Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ahmad Khotib
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:41
Last Modified: 10 Jul 2023 04:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25743

Actions (login required)

View Item View Item