STRATEGI MEMBANGUN EKONOMI KERAKYATAN MELALUI KREATIVITAS BUMDES DI DESA LABRUK LOR KABUPATEN LUMAJANG

Lina, Fuadi (2023) STRATEGI MEMBANGUN EKONOMI KERAKYATAN MELALUI KREATIVITAS BUMDES DI DESA LABRUK LOR KABUPATEN LUMAJANG. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LINA FUADI_E20172127.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lina Fuadi, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I, 2023 : “Strategi Membangun Ekonomi Kerakyatan Melalui Kreativitas BUMDes di Desa Labruk Lor Kabupaten Lumajang.

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan strategi baru yang galak dipromosikan oleh kementerian dalam negeri yang mendorong dan menggerakan perekonomian desa. Ekonomi kerakyatan adalah sistem perekonomian di mana masyarkat dapat menikmati seluruh kegiatannya, pengawasannya, dan hasil-hasilnya. Ekonomi kerakyatan memberikan kesempatan yang luas bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi sehingga dapat terlaksana dan berkembang dengan baik. Dengan menerapkan beberapa prinsip kekeluargaan, prinsip gotong royong dan prinsip kemandirian yang pelaksanaannya juga menerapkan indikator kreativitas yang terdiri dari rasa ingin tahu, fleksibel, optimis, mencari solusi dari masalah dan keorisinilan suatu produk yang dihasilkan oleh BUMDes.
Dari beberapa masalah di atas penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis diantaranya: 1) Bagaimana strategi membangun ekonomi kerakyatan melalui kreativitas BUMDes di desa Labruk Lor Kabupaten Lumajang ? 2) Bagaimana peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian di desa Labruk Lor Kabupaten Lumajang ?. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah : 1) Untuk mengetahui strategi membangun ekonomi kerakyatan melalui kreativitas BUMDes di desa Labruk Lor Kabupaten Lumajang. 2) Untuk mengetahui peran BUMDes dalam meningkatkan perekonomian di desa Labruk Lor Kabupaten Lumajang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendektan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan trianggulasi data.
Adapun hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa: 1) Strategi untuk membangun ekonomi kerakyatan melalui kreativitas BUMDes di desa Labruk Lor adalah dengan menerapkan prinsip kekeluargaan, prinsip gotong royong dan prinsip kemandirian. Diimplementasikan dengan indikator kreativitas yang terdiri dari rasa ingin tahu, fleksibel, optimis, mencari solusi dari masalah dan keorisinilan suatu produk yang dihasilkan oleh BUMDes. 2) Peran BUMDes dalam meningkatkan ekonomi warga desa Labruk Lor dengan mendorong perkembangan ekonomi pendapatan asli desa, meningkatkan pengolahan potensi desa dengan kreativitas dan peluang usaha, meningkatkan kreativitas dan peluang usaha dan mendorong potensi desa yang berkembang pada usaha mikro untuk kesejahteraan masyarakat dengan memaksimalkan budidaya ikan lele dan pengolahan ikan lele pasca panen yang diubah menjadi produk olahan makanan yang banyak diminati oleh masyarakat. Sehingga dapat meningkatkan pendapatan dari beberapa peternak lele dengan mengembangkan produk usaha yang bahan dasarnya mengambil dari anggota BUMDes.
Kata kunci : Strategi ekonomi kerakyatan, kreativitas, BUMDes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Lina Fuadi
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:02
Last Modified: 10 Jul 2023 07:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25748

Actions (login required)

View Item View Item