PEMBERDAYAAN MELALUI KAMPUNG BACA TULIS AL-QUR'AN OLEH TPQ AL-AZHAR DALAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA AL-QUR’AN DI DESA PLALANGAN KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER

Hasanah, Rifatul (2023) PEMBERDAYAAN MELALUI KAMPUNG BACA TULIS AL-QUR'AN OLEH TPQ AL-AZHAR DALAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA AL-QUR’AN DI DESA PLALANGAN KECAMATAN KALISAT KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rifatul Hasanah_D20182009.pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rifatul Hasanah, 2022: Pemberdayaan Melalui Kampung Baca Tulis Al-Qur'an Oleh TPQ Al-Azhar Dalam Pemberantasan Buta Aksara Al-Qur'an Di Desa Plalangan Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember.

Kata kunci : Pemberdayaan Kampung Baca Tulis Al-Qur'an, RTQ Al-Azhar, Buta Aksara.

Pemberdayaan melalui kampung BTA Baca Tulis Al-Qur'an adalah upaya masyarakat dalam memberantas buta aksara hijaiyyah. Pemberdayaan tersebut di lakukan oleh santri TPQ Al-Azhar untuk memberantas buta aksara. Program kampung BTA memiliki program-program khusus dibandingkan dengan yang lain. Program tersebut merupakan program yang tujuannya agar masyarakat bisa mengentaskan buta aksara hijaiyyah nya. Bimbingan dan pelatihan dilakukan agar bisa menciptakan generasi yang yang Qur'ani di desa plalangan kecamatan kalisat kabupaten jember.
Metode penelitian : Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan penelitian lapangan. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman.
Fokus penelitian : 1. Bagaimana bentuk pemberdayaan kampung Baca Tulis Al-Qur'an oleh TPQ Al-Azhar dalam pemberantasan buta aksara Al-Qur'an di desa plalangan kecamatan kalisat kabupaten jember? . 2. Apa saja faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan kampung Baca Tulis Al-Qur'an oleh TPQ Al-Azhar dalam pemberantasan buta aksara Al-Qur'an di desa plalangan kecamatan kalisat kabupaten jember?
Tujuan penelitian : Untuk mengetahui bentuk pemberdayaan melalui kampung Baca Tulis Al-Qur'an oleh TPQ Al-Azhar dalam pemberantasan buta aksara Al-Qur'an. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pemberdayaan melalui kampung Baca Tulis Al-Qur'an yang dilakukan oleh TPQ Al-Azhar.
Hasil penelitian : Bentuk pemberdayaan melalui kampung Baca Tulis Al-Qur'an yaitu ; murojaah subuh, madrasah Diniyah, ngaji bersama ( TPQ) dan evaluasi mingguan. Faktor pendukung dalam pemberdayaan melalui kampung baca tulis al-qur'an adalah adanya dukungan dari masyarakat setempat yang ikut serta dalam program tersebut yakni santri TPQ Al-Azhar, faktor penghambat yakni adanya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal sendiri dari masyarakat yang mudah goyah. Sedangkan faktor eksternal adalah adanya lembaga-lembaga lain yang bermunculan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Rifatul Hasanah
Date Deposited: 10 Jul 2023 02:39
Last Modified: 10 Jul 2023 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25749

Actions (login required)

View Item View Item