Efektivitas Penerimaan Dan Pengelolaan Dana Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat Di Desa Sucolor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso

FIKA LUTHFIAH, SIDDIK (0023) Efektivitas Penerimaan Dan Pengelolaan Dana Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat Di Desa Sucolor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Fika Luthfiah Siddik_E20172161.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian skripsi secara spesifik mengkaji berkenaan dengan efektifitas penerima dan pengelolaan dana PKH dalam meningkatkan kesejahteraan KPM di Desa Sucolor karena desa tersebut memiliki prosentase penerimaan dana PKH terbanyak dari 12 desa sekecamatan Maesan serta meninjau lebih dalam lagi tentang tolak ukur penerimaan dan pengelolaan dana PKH yang dijalankan oleh pemerintah yang bertujuan mengentaskan kemiskinan dan kesejahteraan rakyat yang akan berimbas dengan pengelolaan dana PKH tersebut, maka untuk menjawab penelitian tersebut peneliti merumuskan fokus masalah sebagai berikut : 1). Bagaimana sistem penerimaan dan pengelolaan dana PKH di Desa Sucolor Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso, 2). Bagaimana efektifitas pencapaian tujuan penerimaan dan pengelolaan dana PKH dalam meningkatkan kesejahteraan KPM di Desa Sucolor Kecmatan Maesan Kabupaten Bondowoso.
Peneliti menggunakan jenis penelitian lapang (field research) dengan pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif-kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan interfiew, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan metode induksi dan deduksi. Keabsahan data mengunakan triangulasi data.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu : 1). Sistem penerimaan bantuan dana PKH bersifat prosedural dengan ketentuan data penerima terdaftar pada DTKS dan untuk memastikan kebenaran data tersebut pemerintah desa melakukan verivikasi data dengan inpinduk data, setelah terferivikasi dengan adminduk maka pemerintah desa mengajukan kepada daerah, provinsi dan terakhir pusat. berkaitan dengan sistem pencairan bantuan dana PKH disalurkan melalui kartu rekening yang dipengang KPM masing-masing selama 4X dalam satu tahun. 2). Efektifivitas pencapaian tujuan penerimaan sejauh pengamatan peneliti bisa dikatakan efektif sesuai dengan sasaran atau warga yang berhak mendapatkan bantuan dana PKH tersebut, namun peneliti berpandangan bahwa aspek kesejahteraan belum sepenuhnya memenuhi terhadap kesejateraan KPM Desa Sucolor dikarena bantuan dana PKH tersebut hanya cukup buat kebutuhan sebagaima bantuan tersebut didapatkan semisal kebutuhan pokok, kebutuhan balita dan kebutuhan pendidikan anak yang jumlahnya relatif kecil serta dalam penyaluran batuan dana PKH tersebut relatif lama, problem demikian seharusnya cepat direspon oleh pendamping PKH untuk merumuskan formula dan strategi serta kreativitas dalam aspek pengelolaan dana bantuan PKH sehingga diharapkan dapat meningkatkan kesejateraan keluarga penerima manfaat agar meraka dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri dan tidak bergatung pada bantuan dana PKH tersebut.

Kata Kunci : Efektivitas Penerimaan Dan Pengelolaan Dana PKH,
Kesejahteraan KPM Desa Sucolor

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fika Luthfiah Siddik
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:04
Last Modified: 10 Jul 2023 03:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25755

Actions (login required)

View Item View Item