Analisis Penerapan Produk Simpanan Berdasarkan PSAK No. 105 Pada BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember

Mustika, Nindi Dwi (2023) Analisis Penerapan Produk Simpanan Berdasarkan PSAK No. 105 Pada BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nindi Dwi Mustika E20193099.pdf

Download (22MB)

Abstract

Nindi Dwi Mustika, Dr. Munir Is’adi, SE.M.Akun, 2023: Analisis Penerapan Produk Simpanan Berdasarkan PSAK No. 105 Pada BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember.
Pada saat ini lembaga keuangan syariah di Indonesia memiliki peningkatan perkembangan, sehingga sangat menarik untuk diperhatikan. Kita dapat melihat perkembangan tersebut dari semakin banyaknya berdirinya lembaga keuangan syariah di Indonesia baik bank maupun non bank. Seiring berjalannya waktu, perkembangan bank syariah dan unit usaha syariah yang ada di Indonesia dirasa kurang menjangkau usaha masyarakat kecil dan menengah, sehingga dapat melatar belakangi didirikannya lembaga keuangan mikro syariah seperti Koperasi Jasa Keuangan Syariah (KJKS) yang biasa disebut sebagai Baitul Maal wa Tamwil (BMT) yang dimana merupakan lembaga keuangan non bank yang dioperasikan dengan menggunakan prinsip bagi hasil.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana analisis penerapan produk simpanan berdasarkan PSAK No. 105 pada BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember? 2) Bagaimana perlakuan akuntansi syariah pada produk simpanan di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember apakah sudah sesuai dengan peraturan PSAK No. 105?
Tujuan penelitian ini yaitu memahami dan menganalisis penerapan produk simpanan berdasarkan PSAK No. 105 pada BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember, dan mengetahui kesesuaian perlakuan akuntansi syariah pada produk simpanan berdasarkan PSAK No. 105 di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang dimana dalam penelitian ini mendeskripsikan suatu fenomena maupun objek dalam suatu tulisan yang berbentuk naratif. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan deskriptif, sehingga dalam penelitian ini yaitu memaparkan, menggambarkan, dan memetakan fakta-fakta berdasarkan cara pandang atau kerangka berfikir tertentu. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa: (1) Analisis perlakuan akuntansi dalam produk simpanan atau tabungan umum syariah berdasarkan akad mudharabah pada BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember telah menerapkan perlakuan akuntansi seperti pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan. (2) Mengenai kesesuaian perlakuan akuntansi sudah dilakukan perbandingan , sehingga dapat diketahui bahwa perlakuan akuntansi pada produk simpanan atau tabungan umum syariah di BMT UGT Nusantara Capem Kaliwates Jember tidak sepenuhnya sesuai dengan PSAK No. 105.

Kata Kunci: Perlakuan Akuntansi, Produk Simpanan, PSAK No. 105

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Nindi Dwi Mustika
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:20
Last Modified: 10 Jul 2023 07:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25756

Actions (login required)

View Item View Item