Pengembangan Media Pembelajaran Permainan PS (Papan Susun) Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Pada Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Srono Banyuwangi

Fatratul, Imroini (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Permainan PS (Papan Susun) Mata Pelajaran Bahasa Jawa Materi Aksara Jawa Pada Peserta Didik Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Srono Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatratul Imroini_T20194130.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Papan Susun, Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan Srono Banyuwangi

Pembelajaran aksara Jawa Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatus Sibyan memiliki permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik kelas III pada proses pembelajaran bahasa Jawa seperti kurangnya ketertarikan siswa dalam pembelajaran aksara Jawa dan pemahaman dalam menghafal maupun membedakan aksara Jawa. Selain itu pendidik hanya menggunakan media buku pada saat proses pembelajaran sehingga pembelajaran kurang menarik. Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran bahasa Jawa harus dikemas secara kreatif dan tidak monoton sehingga peserta didik tertarik dan lebih semangat dalam mempelajari materi aksara Jawa.Kurangnya penggunaan media saat proses pembelajaran berlangsung oleh guru harus dikurangi agar peserta didik tidak hanya memahami secara teoritis saja, peserta didik akan memahami praktis.
Dalam penelitian ini pengembangan media pembelajaran permainan papan susun aksara Jawa ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui penggunaan media permainan papan susun yang dikembangkan untuk mengenal aksara Jawa pada peserta didik kelas III MI Tarbiyatus Sibyan Srono Banyuwangi; (2) Untuk menguji kelayakan ahli materi dan ahli media terhadap media permainan papan susun aksara Jawa. (3) Untuk mengetahui hasil kemenarikan media permainan papan susun aksara Jawa yang digunakan sebagai media pembelajaran materi aksara Jawa peserta didik kelas III MI Tarbiyatus Sibyan Srono Banyuwangi.
Penelitian ini adalah penelitian R&D yang dimodifikasi dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Model penelitian tersebut dikembangkan oleh Reiser dan Mollenda.
Berdasarkan hasil analisis data produk media permainan papan susun aksara Jawa ini layak dan menarik digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan pada hasil perolehan skor validasi uji coba beberapa ahli. Hasil uji coba ahli media menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 87,5% ahli materi mencapai kevalidan 81,25% dan ahli pembelajaran mencapai kevalidan 90%. Dari keseluruhan presentase oleh validasi para ahli tersebut, maka dapat dihitung presentase rata-rata kevalidan media permainan papan susun aksara Jawa berdasarkan penilaian ahli media, materi, dan ahli pembelajaran yaitu sebesar 81,25%. Sedangkan hasil uji coba pengguna menunjukkan tingkat kemenarikan oleh peserta didik yaitu sebesar 94,41%. Sehingga dapat dikualifikasikan bahwa media permainan papan susun aksara Jawa yang dikembangkan dapat dinyatakan valid dan layak tidak perlu direvisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200103 International and Development Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Fatratul Imroini
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:40
Last Modified: 10 Jul 2023 04:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25763

Actions (login required)

View Item View Item