Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi Klasifikasi Makhluk di SMPN 1 Jenggawah

Zuyyina, Nuzulul Adha Mahmudi (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Materi Klasifikasi Makhluk di SMPN 1 Jenggawah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
zuyyina nuzulul adha mahmudi_T20191031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Outdoor learning, Hasil Belajar, Klasifikasi Makhluk Hidup
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang memahami
pelajaran IPA terutama pada materi biologi. Siswa kurang minat dalam membaca
dan pembelajaran hanya dilakukan didalam kelas dan metode yang digunakan
Ketika pembelajaran berlangsung adalah metode ceramah, sehingga proses
pemebelajaran tidak berjalan secara efektif. Siswa lebih suka dengan
pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu cara dengan menerapkan
pembelajara Outdoor Learning yang nantinya siswa lebih aktif untuk mengenal
alam lebih dalam lagi.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh metode
pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Dengan rumusan masalah “apakah ada
pengaruh metode pembelajaran outdoor learning terhadap hasil belajar dalam
pemebelajaran IPA materi Klasifikasi Makhluk hidup di SMPN 1 Jenggawah”.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi
exsperimental design (eksperimen semu) dengan desain nonequivalent control
group design yang dimana pada desain ini kelas eksperimen dan kelas kontrol
tidak dipilih secara random. Kelas eksperimen diberikan perlakuan khusus dan
kelas kontrol tidak. Populasi dan sampel menggunakan kelas VII A sebagai kelas
eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-T yang
datanya diolah dengan menggunakan SPSS versi 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran yang menerapkan
metode pembelajaran outdoor learning dapat berpengaruh terhadap hasil belajar
siswa pada pelajaran IPA materi Klasifikasi Makhluk Hidup yang dimana
suasana pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sarana
pembelajaran. Siswa tidak perlu membuka buku untuk mencari jawaban karena
siswa dapat melihat secara langsung pada lingkungan sekolah. Hasil belajar siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat ditunjukkan melalui uji hipotesis yakni
0,00 yang dimana jika nilai sig (2-tailed) < 0,05 hal ini menunjukkan bahwa Ha
diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Zuyyina Nuzulul Adha Mahmudi
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:36
Last Modified: 10 Jul 2023 04:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25767

Actions (login required)

View Item View Item